Bagaimana Antifragile Daoat Membantu Perusahaan dan Karyawan Meraih Sukses Besar

 Di era transformasi dan gangguan serta persaingan bisnis yang semakin meningkat, ada gagasan bahwa perusahaan yang berkembang dan maju adalah perusahaan yang mengadopsi pada pola pikir antifragile, Bagaimana menurut sobat baweh online ?

Perusahaan/Organisasi antrifragile dibentuk sebagai pemecah masalah, jadi gangguan dan krisis yang melanda hanyalah versi yang lebih intens dari apa yang dilakukan organisasi inti setiap hari. Gagasan "antrifragile" ini berasal dari Nassim Taleb. Dia berpendapat bahwa ada tiga reaksi dasar terhadap stres atau gangguan

Pertama, Kerapuhan, Kedua, Ketahanan/Kesabaran. dan Ketiga Antifragile. Banyak perusahaan besar dan sukses lebih rapuhh daripada yang dipikirkan orang. Bahkan organisasi yang kuat pun dapat rawan hancur selama masa gangguan yang hebat karena ketidakmampuan mereka untuk beradaptasi dengan cepat, dan organisasi yang tampak tangguh mungkin tidak berkembang. Namun, perusahaan antifragile selalu berinovasi dan mencari solusi dari setiap masalah yang mereka hadapi lalu mencoba hal-hal baru. Mereka benar-benar mendapat manfaat dari setiap gangguan karena kemampuan mereka untuk berputar dengan cepat saat dibutuhkan.

 Dan bukti dari itu semua banyak perusahaan yang mengalami kesulitan bahkan beberapa organisasi besar dan terkenal mengajukan kebangkrutan tahun lalu karena tidak memiliki pola pikir antifragile. Dan apabila ada perusahaan yang bertahan mereka tetap tergerus okeh perusahaan yang menerapkan antifragile seperti mengubah pikiran dan proses yang memungkinkan mereka mengubah cara mereka melakukan sesuatu dengan cara yang substansial.

Perusahaan dan organisasi yang menerapkan pola pikir antifragile mereka mengubah operasi bisnis mereka untuk beradaptasi dengan COVID-19 seperti yang terjadi sekarang ini. Sebagai contoh apa yang dilakukan Amex dengan kartu platinum-nya sangat cerdas. Ini adalah kartu mewah dengan biaya tahunan $550. yang terkenal dengan keuntungan perjalanannya yang sangat eksklusif dan baik hati. Ketika orang tiba-tiba berhenti bepergian karena pandemi COVID-19, Amex tidak membiarkan pandemi menggerogoti nilai yang terkait dengan manfaat kartu. Mereka memperkenalkan sejumlah besar manfaat waktu terbatas yang menunjukkan bagaimana anggotanya menghabiskan waktu mereka selama setahun terakhir- mencakup biaya layanan streaming, pembelian PayPal dan banyak benefit yang lain.

Apa yang dilakukan Amex tersebut adalah contoh perusahaan yang menerapkan pola antifragile selama beberapa waktu ini. Apabila Sobat pemilik Kartu Kredit apakah, masih ingat bagaimana Amex menawarkan Kartu Kredit yang harus dilunasi setiap bulan. Ini merupakan kebanggan bagi banyak pemegang kartu, karena mewunjukkan kepada semua orang bahwa mereka memiliki kemampuan finansial untuk melakukan hal tersebut. Ada anggapan bahwa pindah ke Kartu Kredit akan menurunkan nilai eksklusifitas mereka. Tetapi Amex sadar bahwa pasar sedang bergeser dengan cepat dan mereka harus terus berkembang atau mengambil resiko menjadi tidak relevan.

Meskipun istilah Antifragile relatif baru, perilaku antifragile telah dilakukan oleh startup yang sukses dan perusahaan seperti Amex, Toyota, dan tesco juga sudah menerapkanpola pikir antifragile tersebut bagi perusahaan mereka.

Apa yang dilakukan Alberton juga sangat berkesan. Alberton adalah salah satu pedagang grosir terbesar di negara yang bergerak sangat cepat untuk meningkatkan penjemputan di tepi jalan dan pengiriman ke rumah ketika masa pandemi COVID-19. Alberton juga memanfaatkan dan menerapkan Dymanic, Creative, Optimization (DCO) di berbagai portofolio merekanya untuk segera masuk ke pasar dan menguji pesan tampilan yang optimal.

Memanfaatkan DCO sebagai bagian dari rencana pemasaran menungkinkan sobat menjadi Antifragile. Struktur build, modular dan dinamis serta koneksi yang mudah ke sumber data secara realtime memungkinkan perusahaan memasukkan materi iklan baru ke pasar jauh lebih cepat daripada biasanya. Kemampuan DCO untuk menguji dengan cepat berbagai faktor secara bersamaan yang membuatnya lebih mudah untuk dengan cepat mengidentifikasi tren yang berubah dan menyesuaikannya.

Memahami DCO secara lebih luas berarti bagaimana mempelajari tentang eksperiman dan pengujian. Membiasakandiri untuk memikirkan bagaimana mengevaluasi keberhasilan pendekatan yang berbeda dan merencanakan tes yang akan didasarkan [ada pembelajaran sebelumnya dan mengarah pada lebih banyak efisiensi dan ini adalah inti dari adaptasi dan perkembangan yang berhasil. 

Persiapkan diri juga mengalami kegagalan ketika menerapkan pola antifragile. Tidak semua yang Sobat lakukan akan berhasil, tetapi sobat akan belajar dari kegagalan tersebut dan menjadi lebih pintar karenanya. Amazon menghabiskan banyak uang untuk mengembang kan Fire Phonenya,

Berfikir menjadi antifragile tidak berarti selalu benar 100%. Gagal lebih cepat lalu belajar dari kegagalan tersebut adalah bagian kuncinya dan perusahaan yang takut gagal cenderung memiliki pola pikir yang kuat, mereka melindungi apa yang mereka lakukan dengan segala cara, sampai biaya perlindungan mulai mengikis bisnis mereka.

Menerapkan antifragile tidak bisa hanya tinggal di C-suite,perlu dipraktekkan setiap hari melalui gadget setiap orang menjadi pemecah masalah dan menemukan cara baru yang lebih baik untuk melakukan sesuatu. Antifragile merupan cara memberdayakan manusia.

Walaupun belum ada penelitian khusus antara pola pikir antifragile dan kebahagiaan, sepertinya karyawan yang menganut pola piir antifragile lebih bahagia dalam menjalankan pekerjaan mereka. Mereka menentang diri mereka sendiri untuk melakukan dan membuat sesuatunya lebih baik dan selalu menyenangkan.

Apakah sobat sudah menerapkan pola pikir Antifragile tersebut ? silahkan emnuliksn komentarnya pada bog baweh online

No comments :

Post a Comment