9 Fakta Menakjubkan Dari SUSE Linux

SUSE Linux merupakan salah satu nama distro linux yang paling terkenal dalam industri Linux. Berikut 9 Fakta tentang SUSE Linux. Pada postingan ini tidak akan berbicara banyak tentang apa itu SUSE Linux Enterprise atau bagaimana sejarah SUSE Linux.

SUSE Linux salah satu distro Linux Enterprise seperti Red Hat Linux Enterprise, dan keduanya juga memiliki bagian untuk komersial SUSE Linux dengan OpenSUSE dan Red Hat memiliki Centos untuk komunitasnya. Pada artikel ini akan fokus pada 9 fakta menakjubkan dari SUSE Linux.

1. Pada awalnya SUSE Linux bukanlah distro linux, melainkan sebuah perusahaan yang didirikan oleh tiga mahasiswa Jerman pada Tanggal 02 September 1992 yang merilis paket software untuk Slackware dan penawaran bantuan teknis bagi yang membutuhkan.

2. SUSE pada awalnya bernama SuSE, singkatan dari bahasa jerman "Software und System-Entwicklung" yang berarti Software and Systems Development dalam bahasa inggris. Setelah beberapa tahun diubah menjadi SUSE dan penggunaan SuSE pun tidak pernah lagi digunakan.

3. Versi pertama dari SUSE Linux, yaitu SUSE Linux 1.0 pada tahun 1994. Pada dasarnya SUSE Linux 1.0 adalah script Slackware yang diterjemahkan kedalam bahasa Jerman. Dengan kata lain itu adalah Slackware Linux versi Jerman. (Saya pikir itu tidak dirilis dengan nama SuSE tapi saya tidak memiliki data untuk mendukung klaim saya).

4. Versi 'real' pertama SUSE Linux dirilis tahun 1996 yang merupakan turunan dari distro Jurix yang sekarang sudah dilanjutkan pengembangannya. SUSE Linux ini merupakan SUSE Linux versi 4.2

5. SUSE Linux telah berpindah tangan beberapa kali diantaranya ketika SUSE Linux mulai berjuang untuk mendapatkan bantuan finansial yang akhirnya perusahaan yang berbasis di AS Novell mengakuisisi SUSE Linux dengan $210 juta pada tahun 2004

Novell kemudian diakuisisi oleh The Attachmate Grup pada tahun 2010 dengan nilai $2.2 Miliar. Namun, The Attachmate Grup tidak bisa bertahan lama dan akhirnya diakuisisi oleh Focus Micro Group dengan nilai $1.2 Miliar pada tahun 2014

6. Meskipun SUSE Linux adalah open source dari awal, Novell menciptakan openSUSE pada tahun 2005 sebagai SUSE Linuc Community dari SUSE Linux dan perubahan ini mulai diterima oleh developer. yang sebelumnya pekerjaan pada SUSE Linux dikerjakan oleh pengembang di rumah.

7. Logo resmi dan maskot SUSE Linux adalah Chameleon yang secara resmi diberi nama "Geeko". Geeko adalah nama binatang jenis kadal/chameleon dan Geek.

8. Untuk beberapa Tahun, openSUSE mencoba untuk membuat kode rilis dengan nama-nama bernuansa hijau seperti Teal, Emerald, dll dan hal ini berubah pada tahun 2015 ketika openSUSE membagi dirinya menjadi openSUSE Tumbleweed dan openSUSE Leap dan akhirnya kodenya diubah menjadi 42.X dan akhirnya rilis SUSE Linux tidak memiliki code name lagi.

9. SUSE Linux telah merilis Linux Video Parodi dari lagu-lagu populer selama beberapa Tahun terakhir. Salah satunya adalah video parodi linux SUSE Linux dari Uptown Funk.

Apakah Anda memiliki fakta unik SUSE Linux yang belum ditulis sehingga nantinya menjadi 10 fakta menakjubkan dari SUSE Linux atau bisa lebih lagi.

Source : itsfoss