Menggunakan Linux Mint 17 Qiana xfce

Gambar Linuxmint.com


Distro Linux yang banyak macamnya ternyata tidak melulu pada distro mana yang akan kita pakai untuk PC, Laptop maupun netbook yang kita pakai untuk kegiatan sehari-hari.

Setelah sebelumnya menggunakan
Ubuntu 13.10 Saucy Salamander, karena beberapa hal akhirnya pindah dan ganti menggunakan linux mint 17 Qiana xfcd 32-bit untuk disandingkan dengan windows 7 di Netbook.

Untuk sekedar info bahwa Linux Mint 17 Qiana berbasis Ubuntu 14.04 Trusty Tahr sebagai rilis ubuntu terbaru saat pengembangan linux mint 17. 

Tampilan linux mint 17 Qiana mirip-mirip dengan tampilan windows xp yang sudah sudah tidak disupport oleh microsoft. Tampilan menu yang mirip windows tersebut menjadi salah satu daya tarik untuk menggunakan linux mint 17.

Secara kinerja menurut saya lebih ringan dari linux yang dulu saya gunakan untuk netbook. Ini pengalaman saya yang baru beberapa hari ini menggunakan linux mint sebagai teman beraktifitas sehari-hari.

Ketika menginstal linux mint 17 kawan-kawan tidak perlu menginstal firefox, office, photoshop tentu semuanya versi linux yang berlisensi bebas untuk kita gunakan, bahkan kalau kawan-kawan mahir dalam pemrograman bisa mengubah sesuai keinginan kalian.

Sejauh ini puas menggunakan linux mint 17 Qiana yang ringan untuk menemani kegiatan sehari-hari. Apabila teman-teman tertarik juga menggunakan linux mint untuk diinstall di laptop kalian seperti saya.

Apabila software yang kalian ingin gunakan belum terinstal di linux mint qiana, kalian bisa menggunakan software manager untuk mencari program yang kalian inginkan.

Dengan adanya software manager, kalian tidak perlu takut dengan kode-kode yang rumit yang membuat pusing. Untuk menggunakan software manager kalian harus terhubung ke internet untuk mendownload software tambahan untuk Operating System linux mint 17 kalian.

Itulah sedikit cerita bagi pengguna linux mint 17, semoga tetap bertahan terus menggunakan software open source sebagai wujud penghargaan terhadap lisensi karya orang lain. Salam Open Source kawan semua.