Cara Mengatur Akun Google Terbaru

Ketika kita bersinggungan dan berinteraksi di dunia maya kita akan memikirkan bagaimana keamanan informasi yang kita miliki. Apakah privacy kita akan dijual kepada perusahaan periklanan ? Apakah informasi tentang kesukaan kita berselancar di dunia maya pada topik tertentu akan di jual ke pihak penyedia iklan kontekstual, sehingga mereka tahu produk yang kita sukai ? dan masih banyak ketakutan-ketakutan yang melanda sebagian pengguna internet soal keamanan informasi dan privacy mereka.

Penelitian yang dilakukan Pew Study menyatakan bahwa 93 persen manusia berfikir bahwa penting untuk memegang kendali penuh atas informasi pribadi mereka, 90 persen mereka care (memperhatikan) jenis informasi apa saja yang diminta ketika mendaftar untuk membuat akun. Namun hanya 9 persen yang merasa memiliki kontrol penuh terhadap informasi yang mereka bagikan.

Melihat hasil survey tersebut google hendak membalikkan keadaan tersebut. Mereka memiliki kontrol lebih banyak terhadap informasi yang mereka bagikan. Untuk itu google membuat halaman khusus untuk mengatur privacy dan keamanan berinternet. Bagaimana cara mengatur akun google terbaru tersebut ?

Google membuat tool yang simple, mengatur privacy yang kuat dan mencakup tentang keamanan informasi, melalui tool kontrol informasi dan privacy tersebut banyak manfaat bagi pemilik akun google.

Pada perhelatan Google I/O 2015, Google mengumumkan bahwa pengguna memiliki kontrol terhadap informasi yang mereka berikan ke aplikasi Android M nanti. Selain itu Google juga meningkatkan privacy dan keamanan penggunanya lewat tool untuk mengatur settingan Google yang dinamakan My Account dan situr baru yang berisi tanya jawab seputar privacy dan keamanan Google.

Privacy dan keamanan adalah dua hal yang selalu hangat diperbincangkan, keduanya ibarat dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. Melalui tool situs my Account kalian bisa dengan cepat mengatur privacy dan keamanan informasi yang kalian miliki.

My Account Google juga membantu bagaimana harus menggunakan data yang kalian miliki, mengamankan privacy, dan membagikan informasi lebih baik. Lalu apa saja yang bisa dilakukan lewat My Account Google tersebut ? berikut penjelasan My Account Google :
  • Mengecek privacy dan keamanan dengan mudah, panduan langkah demi langkah terhadap informasi privacy dan keamanan yang penting tentang personal kalian melalui pengaturan privacy and security settings.

  • Mengatur informasi yang bisa digunakan untuk pencarian, Maps, YouTube, produk google yang lain untuk membuat pengalaman menyenangkan menikmati fitur yang disediakan Google.

  • Gunakan pengaturan Tool iklan untuk mengontrol munculnya iklan sesuai dengan kesukaan kalian dan pencarian yang sedang kalian lakukan.

  • Mengontrol aplikasi dan situs apa saja yang terkoneksi dengan akun google kalian.
Tool My Account Google bisa digunakan oleh siapa saja walaupun mereka tidak memiliki akun google. Tool my account google merupakan sumber informasi untuk memahami tentang privacy dan security berinternet.

Sumber : Googleblog