Alternatif Chrome Web Browser Open Source Untuk Linux OS

Masih ingatkah ketika Google merilis Web browser miliknya yang diberi nama Chrome web browser pada musim gugur Tahun 2008 lalu ? Siapa yang menyangka ternyata chrome telah merubah lanskap persaingan web browser. Dalam waktu singkat, Chrome web browser melampaui entitas dan keberadaan browser yang sudah lebih dahulu ada.

Dengan pangsa pasar lebih dari 55%, Chrome web browser manjadi raja dalam dunia open source web browser. Tentu Google ingin memanfaatkan web browser yang dimilikinya untuk mengumpulkan data para pengguna web browser miliknya. Kalau Kamu percaya bahwa Google mengumpulkan data pribadi kamu melalui chrome web browsernya. Berikut baweh online menulis tentang alternatif chrome web browser open source untuk Linux. Tertarik ? silahkan dinikmati bacaannya

1. Qupzilla web browser
Qupzilla web browser adalah web browser yang bagus, ringan yang dibangun menggunakan bahasa C++ dan Framework Qt dan awalnya memanfaatkan QtWebKit. Namun sekarang Qupzilla memanfaatkan QtWebEngine.

Qupzilla web browser pada awalnya dibuat sebagai proyek pendidikan, namun seiring perkembangan waktu menjadi browser penuh yang dilengkapi dengan fitur tab, bookmark manager, download manager, dan ad-blocker.

Aplikasi Web browser QupZilla juga dilengkapi dengan beberapa built in ekstensi termasuk extensi GreaseMonkey, manager tab, dan pencarian gambar terbalik.

Walaupun mungkin secara fitur Qupzilla kalah fitur terhadap 3 big web browser, namun Qupzilla tetap mampu menampilkan halaman web page dan memblock iklan, mendukung pc lama yang bertenaga rendah dan berjalan pada sistem operasi windows, MacOS, Linux, FreeBSD dan sistem operasi lain.

Tertarik untuk mendownload qupzilla web browser di linux kalian ? Silahkan ke halaman qupzilla.com

2. Midori
Midori open source web browser merupakan web browser yang cepat dan ringan. Browser Midori dibangun dengan Vala dan C dengan mengambil keuntungan dari GTK. Web browser Midori menggunakan webkit rendering engine, namun harus diaktifkan secara manual, private browsing, dan mendukung Unity. Selain berjalan di Linux, Web browser midori juga berjalan pada windows.

Mau download midori web browser ?silahkan download open source web browser midori dari alamat midori-browser.org

3. Rekonq
Rekonq browser merupakan browser open source proyek KDE. Rekonq ditulis menggunakan bahasa C++ dan Qt. Proyek browser Rekonq hanya berjalan pada sistem operasi Linux.

Karena Rekonq web browser merupakan proyek KDE, maka ketika menginstall Rekonq jgga menginstall dependensinya dari proyek KDE.

Rupanya proyek open source web browser Rekonq kurang aktif pengembangannya apabila dilihat dari rilis browser Reqonku tersebut, karena web browser Rekonq terakhir rilis tahun 2014 lalu. Sudah lama kan ?

Namun demikian apabila hendak menginstall aplikasi Rekonq web browser silahkan mengunjungi website rekonq di rekonq.kde.org

4. TOR Browser
Web browser tor browser sebenarnya versi khusus dari browser firefox yang dirancang khusus untuk menggunakan jaringan TOR secara anonymous. Jaringan anonymous digunakan untuk menghindari pelacakan dan untuk mendapatkan informasi yang diblokir. Open source Tor browser.

Selain sebagai sebuah web browser, Tor browser juga dilengkapi tool untuk memastikan keamanan jaringan koneksi ke jaringan tor dan total security. Tidak dianjurkan untuk menginstall add-ons apapun di web browser tor.

Tor web browser juga berjalan di 3 sistem operasi utama yaitu di linux, macOS dan Windows. Apabila hendak download tor browser untuk linux silahkan ke halaman tor web browser berikut :  https://www.torproject.org/projects/torbrowser.html

5. NETSURF
Pertama kali dirilis tujuan dari Netsurf web browser untuk mengisi kebutuhan di RISC OS dan telah dirilis sejak tahun 2007. Netsurf web browser tidak memiliki teknologi untuk web browser saat ini seperti CSS3 dan HTML5.

Namun akhirnya Netsurf web browser di porting untuk sistem operasi Linux, BSD, Haiku AmigaOS dan MacOS.

Aplikasi web browser Netsurf memiliki layout engine sendiri dan pada situs netsuft bahwa web browser netsurf dapat berjalan pada apapun dari PC raksasa modern hingga PC jadul dengan 30MHz ARM 6 dengan 16 MB RAM.

Apabila memiliki PC jadul yang tidak bisa diinstall browser terbaru saat ini, maka kamu dapat menginstall web browser netsurf di pc kalian. silahkan download netsurf web browser melalui alamat berikut : http://www.netsurf-browser.org/

Itulah daftar opensource yang baweh online tulis untuk kalian apabila menginginkan alternatif chrome web browser open source untuk linux. Punya alternatif lain ? silahkan berbagi di kolom komentar sab.