Pilih Mana Linux Atau Windows ?

Apabila ada yang tanya ke kamu soal operating system, pilih linux atau windows ? apakah kamu akan menjawab pilihan pertama atau kedua ? Jika kamu tidak memiliki hak penus atas komputer bisa jadi akan mengatakan bahwa sistem operasi windows lebih baik dari linux (lebih tepatnya sistem operasi windows lebih mudah digunakan dari linux). Apa saja kelebihan linux dibandingkan dengan windows ?

1. Open Source Nature
Bisa dianalogikan bagaimana rasanya membeli mobil, namun kamu tidak dapat melihat mobil tersebut soalnya masih tertutup rapat dan tidak boleh membukanya. Ya ketika membeli os windows kamu dapat menggunakannya namun tidak dapat melihat isinya.

Sebalikknya dengan os linux, karena linux merupakan open source software yang artinya linux kode terbuka yang siapa saya memiliki kesempatan utuk melihat isi linux tersebut.

Bagi sebagian orang hal tersebut tidak penting, makanya memilih windows dibandingkan linux. Namun kalau hendak menjalankan sistem operasi sesuai keinginan kamu maka pilihan terbaik jatuh pada os linux daripada windows.

2. Linux Sistem operasi yang Aman
Mari kita lihat keamanan linux dibandingkan windows. Sistem operasi windows  rentan terhadap berbagai serangan cracker yang ingin menyerang sistem operasi windows kamu. Apakah linux aman dari serangan hacker ? Tidak ada sistem operasi yang 100% aman dari serangan orang-orang jahil.

Yang membuat linux lebih aman dibandingkan windows adalah bagaimana cara kerja sistem operasi linux sendiri tersebut. Secara keseluruhan proses managemen paket, konsep repositori dan beberapa fitur linux membuatnya lebih baik dibandingkan windows.

Apabila kamu telah menginstall sistem operasi windows, maka kamu juga perlu memiliki anti virus untuk menangkal serangan cracker tersebut. Pada os linux tidak memerlukan program anti virus.

3. Dapat berjalan pada koputer jadul
Sebagaimana siklus software windows bahwa saat ini  microsoft sudah tidak mendukung windows 95/98/xp. Apabila kamu tetap menggunakan windows xp misalkan tentu akan membahayakan data kamu sendiri karena microsoft sudah tidak akan memberikan bantuan apabila windows xp diserang cracker. Bagaimana solusinya ?

Untuk komputer lama tersebut yang sudah tidak memenuhi system requirement windows terbaru bisa diganti distro linux lightweight yang akan menjalankan komputer lama kamu.

Apabila kamu memilih os linux, kamu bisa memanfaatkan salah satu distro linux lightweight yang bisa berjalan pada komputer dengan ram 256mb. Untuk hal tersebut kamu dapat menginstall distro puppy linux lightweight untuk komputer jadul kamu tersebut.

4. OS Untuk programmer
Sistem operasi linux mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman utama seperti Python, C/C++, java, perl, Ruby, dan bahasa pemrograman yang lain. Selain itu linux menawarkan berbagai macam aplikasi yang berguna untuk pemrograman.

Terminal linux lebih unggul dari pada windows common line bagi pengembang software. Kamu juga akan menemukan banyak lybrary yang berjalan pada linux sehingga mempercepat pengerjaan aplikasi yang akan kamu buat.

Menariknya kemampuan bash scripting juga merupakan salah satu alasan yang paling kuat mengapa programmer lebih suka menggunakan os linux daripada windows. Linux juga mendukung untuk ssh yang akan membantu kamu mengelola server dengan cepat.

5. Update manager
Microsoft akan merilis patch windows ketika diketahui terdapat bug pada windows atau mengalami masalah pada sistem operasi windows mereka. Disisi lain kamu hanya ingin miror update untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan menggunakan linux, kamu akan melihat lebih update untuk memperbaiki masalah yang kamu hadapi. Kamu tidak hanya akan menemukan jumlah yang lebih besar dari pembaruan perangkat lunak, namun kamu juga akan melihat pembaruan perangkat lunak lebih cepat. Masih ingin melihat kelebihan linux dari windows ?

6. kustomisasi operaty system
Salah satu keuntungan menggunakan sistem operasi linux adalah kamu dapat mengkostumisasi os semau kamu apabila kamu memahaminya. Mengotak-atik sistem dan masih banyak yang dapat kamu lakukan untuk mengkustomisasi linux.

7. Banyak pilihan distro linux
Dalam sistem operasi linux, kamu dapat memilih sistem operasi linux sesuai dengan hobi kamu. Sebagai contoh apabila kamu seorang hacker dapat memilih distro linux untuk hacker, untuk komputer tua, distro linux untuk programmer, distro linux mirip windows dan berbagai varian distro lain yang dapat kamu install di komputer dengan bebas.

8. Free To Use
Ya kamu bebeas menggunakan linux tanpa harus membeli lisensi sebagaimana ketika kamu hendak menggunakan sistem operasi legal windows.

Untuk menggunakan distro linux yang hendak kalian download tinggal pergi ke website pengembang distro linux dan langsung mendownloadnya dengan bebas tanpa harus membeli lisensi os terlebih dahulu.

9. Dukungan besar komunitas linux
Kamu tidak perlu menyewa seorang ahli untuk memecahkan masalah yang kamu hadapi pada sistem linux kamu. Kamu bisa mencari penyelesaian masalah sistem linux kamu dengan mengunjungi forum komunitas linus yang kamu gunakan dan mencari solusi dari postingan masalah yang kamu hadapi atau memposting masalah kamu apabila belum ada yang mengalami masalah seperti kamu sebelumnya.

10. Performa Handal
Ketika menggunakan windows, apakah kamu merasakan bahwa kinerja windows kamu semakin melambat setiap hari dan akhirnya sering crash lalu kamu menginstall ulang windows kamu ? Apabila kamu menggunakan linux, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang menginstall ulang sistem operasi hanya untuk mengembalikan performanya.

Fakta lain tentang kehandalan sistem operasi linux adalah pada server web. Anda bisa mengamati bahwa sebagian besar raksasa internet seperti google dan facebook menggunakan linux bahkan hampir semua super komputer menggunakan linux sebagai sistem operasinya.

11. Privasi
Microsoft tentu mencoba untuk anonymous data yang dikumpulkan dari setiap penggunanya. Namun tidak akan terlihat meyakinkan dengan windows terbaru yaitu microsoft windows 10 yang telah menerima banyak kritik tentang bagaimana mengumpulkan data, apa yang harus dikumpulkan dan apa yang seharusnya tidak.

Apabila kamu pernah menggunakan windowsterbaru yakni windows 10 akan melihat bahwa pengaturan privasi diaktifkan secara default untuk windows 10.

Sebaliknya sistem operasi linux akan menjadi solusi sempurna untuk penggemar privasi. Pertama distribusi linux tidak mengumpulkan banyak data selain itu kamu tidak akan membutuhkan alat tambahan untuk melindungi privasi kamu.

Itulah tadi kelebihan-kelebihan linux dari windows. Apakah kamu berfikiran sama dengan penulis ? Setelah mengetahui kelebihan linux dari windows kamu akan pilih linux atau windows ? Silahkan bagikan pengalamanmu menggunakan linux ataupun windows disini dan membandingkan antara windows dan linux pada kolom komentar.