11 Games Open Source Untuk Linux

Meskipun Perkembangan game untuk linux tidak secepat perkembangan games untuk sistem operasi lain, tentu para developer game mempertimbangkan market share sistem operasi desktop.

Mengingat sistem operasi linux kurang populer untuk komputer rumahan, walaupun begitu apabila Anda menggunakan sistem operasi linux dan suka bermain game juga masih bisa menjalankan game-game di linux dikarenakan semangat pengembang berbakat yang bekerja keras untuk menciptakan game yang menghibur dan menarik untuk sistem operasi linux.

Pada postingan baweh belajar menulis online kali ini akan menulis 11 games open source untuk linux. Tertarik untuk mengetahui game apa saja yang akan dibagikan ?
1. 0 AD
Game 0 AD adalah game untuk linux yang masih dalam tahap pengembangan Alpha. Walaupun begitu game 0 AD merupakan salah satu game open source yang paling mengesankan untuk linux operating system.

Pada game 0 AD para pemain bertugas untuk mengendalikan salah satu dari dua belas peradaban kuno dan keberlangsungan kehidupan mereka. Untuk misi tersebut, Anda harus terlibat dalam pertempuran melawan peradaban lain dan mengelola perekonomian peradaban yang Anda pimpin. Game 0 AD menawarkan permainan single-player maupun multiplayer. Game 0 AD sangat cocok bagi anda penyuka game Age of Empires II.

2. Super TuxKart
Game Super TuxKart mungkin sebagai tiruan dari Mario Kart, namun sebenarnya game Super TuxKart untuk linux sendiri sudah ada sejak lama. Permainan game Super TuxKart untuk linux menawarkan permain dan banyak racing yang dapat dimainkan oleh pemain Super TuxKart.

Selain didukung oleh grafis yang warna-warni dan trek racing yang banyak, game untuk linux Super TuxKart pun memiliki koleksi karakter-karakter yang unik. Maskot dari berbagai proyek open source pun banyak yang dijadikan karakter game Super TuxKart, diantaranya GNU Wildebeest, SUSE Gecko, dan Mozilla Thunderbird.

3. The Dark Mod
The Dark Mod bukan hanya mod dari game yang ada. Sebaliknya game The Dark Mod adalah individual game yang lahir dari upaya untuk remake game "Thief" di Doom 3 Engine. Dalam game The Dark Mod, para pemain mengontrol pencuri yang gesit yang harus menggunakan berbagai alat untuk menghindari ancaman.

Game The Dark Mod dibundle dengan editor yang memungkinkan para pengguna menciptakan misi mereka sendiri. Saat ini terdapat lebih dari 100 misi menarik yang dibuat dengan berbagai tujuan. Karena menarik banyak pemain game untuk memainkannya pada tahun 2016, game The Dark Mod dinobatkan sebagai game gratis terbaik untuk PC nomor 2 oleh PC Gamer.

4. Hedgewars
Dalam permainan game destrukti yang menyenangkan ini, pemain Hedgewars mengendalikan landak yang menggunakan apa saja untuk membunuh, melukai dan melenyapkan satu sama lain. Aksi turn-based berlangsung pada berbagai lingkungan yang merusak dan fitur sejumlah senjata yang memusingkan.

Jaminan kerusakan dari senjata dapat mengubah lanscape, membatasi pergerakan landak. Untungnya landak memiliki berbagai peralatan seperti tali dan parasut yang mereka miliki untuk membantu mereka menavigasi tanah dan mendapatkan gambar yang jelas pada daerah musuh. Game Hedgewars ini mungkin terinspirasi oleh 'worms' yang sudah lama ada.

5. Voxelands
Game Voxelands adalah permainan konstruksi layaknya game minecraft. Game Voxelands menempatkan pemain dalam sepenuhnya dalam game dunia 3D dimana mereka dapat membangun apa saja yang mereka inginkan.

Game Voxelands juga menawarkan elemen role-playing yang membutuhkan pemain untuk membela struktur mereka dari musuh. Permainan Voxelands memiliki sejumlah besar peralatan untuk membangun sebuah konstruksi bangunan. Pada situsnya game voxelands mengklaim bahwa voxelands dapat dijalankan pada prosessor Pentium 1 dan dimainkan secara online dengan koneksi 14,4 KB.

6. Xonotic
Game Xonotic merupakan satu-satunya FPS Games pada sajian game game untuk linux kali ini. Game Xonotic adalah game multiplayer hasil perombakan dan modifikasi Quake game engine. Xonotic memiliki beberapa mode permainan termasuk kebutuhan pokok seperti menangkap bendera, deathmatch dan memiliki sejumlah senjata futuristik. Game Xonotic menekankan pada kecepatan dan tingkat penguasaan tata letak yang membuat game Xonotic seperti game Unreal Tourament dan Quake.

7. The Battle for Wesnoth
Pada permainan the battle for wesnoth, para pemain berjuanguntuk mendominasi di alam fantasi yang tinggi yang diisi dengan retro warna-warni. Selain itu pemain juga harus mempertimbangkan cuaca dan jenis medan selama pencarian mereka yang semuanya dapat memiliki efek pada hasil pertempuran. Pada rilis stabile game The Battle for Wesnoth terdapat 16 jenis permainan yang dapat ditambah sendiri oleh pemain dengan menambahkan addon buatan pengguna.

8. OpenTTD
Game OpenTTD merupakan remake Transport Tycoon Delux, dimana tugas pemain yaitu mengelola sistem transit utama metropolitan. Tujuan dari game OpenTTD adalah untuk membangun jaringan transportasi dengan memanfaatkan berbagai kendaraan seperti kereta api, kapat, pesawat dan truk. Selain itu, pemain mendapatkan uang untuk pengiriman yang sukses. Uang tersebut dapat digunakan untuk membangun infranstruktur yang lebih efisien.

Game OpenTTD mendukung multiplayer hingga 255 orang yang dibagi antara 15 perusahaan transportasi yang berbeda yang semuanya saling berkompetisi antara sesama pemain.

9. Secret Maryo Chronicles
Game Secret Maryo Chronicles memiliki landasan yang kokoh yang sarat dengan teka-teki yang menantang para pemainnya. Jika anda mati ketika dalam perjalanan menyusuri jalan kenangan melalui pipa hijau besar tidak terlihat lagi.

10. Pingus
Game Pingus adalah tiruan dari Lemmings sebuah permainan yang populer dari tahun 90-an. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencegah penguin lucu dari jatuh ke kematian mereka dengan memberi mereka petunjuk untuk menavigasi daerah.

Pemain dapat menginstruksikan penguin untuk membangun jembatan, membangun terowongan dan untuk mengarahkan penguin lain agar selamat. Didalam game Pingus juga mencakup sejumlah tingkatan, fungsi multiplayer dan bahkan editor.

11. AstroMenace
Dalam permainan game AstroMenace para pemain harus menavigasi perbatasan ruang sambil memukul mundur gerombolan pesawat ruang angkasa daerah musuh.

Diantara games open source untuk linux tersebut, adakah game yang Anda mainkan ? Mari berbagi melalui kolom komentar.


Sumber : Maketecheasier