5 Cara Sederhana Mengendalikan Amarah

Kemarahan adalah gangguan emosional yang dialami kehendak manusia. Walaupun kedengarannya orang marah itu normal. Kalau kemarahan berkepanjangan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental pemarah tersebut.

Kemarahan yang terus-menerus dapat menyebabkan stress yang mengganggu kesehatan badan. Jadi belajarlah mengendalikan dan mengelola amarah pada diri agar amarah tersebut tidak merusak tubuh dan mental sobat sekalian. 5 Cara sederhana mengendalikan amarah berikut bisa sobat terapkan pada diri sobat masing-masing. Apa saja 5 cara mengendalikan kemarahan tersebut ?
  1. Jujur pada diri sendiri. Ungkapkanlah dengan jujur apa yang anda inginkan dari orang lain. Jangan berharap orang lain tahu apa yang sobat inginkan tanpa mengatakan dengan jujur kepadanya. Hal ini juga berguna untuk menghindasi miscommunication antara kalian.

  2. Ketika pada situasi dimana kondisi tersebut memancing sobat sekalian untuk marah, cobalah untuk segera menenangkan diri dengan cara mengambil napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan-lahan. Selain dengan mengontrol emosi dengan cara menghirup napas dalam-dalam, sobat bisa meminum segelas air putih untuk menenangkan pikiran.

  3. Jalan-jalan dan berbagi cerita dengan teman-teman merupakan salah satu cara sederhana mengendalikan amarah. Jika anda merasa bahwa kondisi konsentrasi mulai menurun cobalah untuk jalan-jalan sebagai cara merefresh kembali pikiran agar tidak mudah marah.

  4. Kalau sobat hobi menulis, bisa mengendalikan kemarahan dengan cara menulis apa saja, termasuk peristiwa yang membuat sobat marah dan apa yang sobat harapkan dari kemarahan sobat tersebut. Menulis merupakan cara sederhana untuk mengendalikan emosi bagi sobat sekalian yang susah untuk curhat kepada orang laian. Anggap saja tulisan tersebut merupakan teman curhat sobat.

  5. Memanjakan diri atau Me Time merupakan salah satu cara sederhana mengendalikan amarah. Lakukan hal-hal sederhana yang dapat membuat bahagia dan ketika emosi sudah mulai kembali normal. Sobat dapat melanjutkan rutinitas yang sempat tertunda. Memanjakan diri/ Me Time juga dapat membuat sobat melihat masalah dari perspektif dan dari sudut pandang yang berbeda.

Sumber : bandung.bisnis.com