Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Pelanggan ?

Memiliki pelanggan setia tentu idaman dan harapan bagi setiap perusahaan dan enterpreneur. Dengan memiiliki pelanggan setia banyak hal yang bisa mereka dapatkan. Siapa pelanggan setia itu ?

Pelanggan setia adalah orang-orang yang akan membeli kembali atas produk yang kamu tawarkan, bahkan walaupun produk tersebut belum kalian tawarkan kepada mereka. Mereka yang merekomendasikan produk kamu ke teman, kolega, sahabat dengan suka-cita karena puas dengan yang kamu tawarkan. Lalu apa itu loyalitas pelanggan ?

Loyalitas pelanggan adalah ukuran dari seberapa besar kemungkinan pelanggan kamu akan melakukan pembelian kembali atas produk kamu. Pada setiap industri tentu memiliki cara tersendiri untuk mengukur loyalitas pelanggan tersebut, namun cara paling mudah untuk mengukur loyalitas pelanggan adalah dengan melihat berapa jumlah pembelian yang dilakukan pelangga dalam kurun waktu tertentu dibandingkan dengan pelanggan yang lain.

Pelanggan setia bisa saja bukan pembeli dalam jumlah besar, namun mereka selalu mengulangi pembelian lagi dan lagi yang akhirnya kalau di total besar juga kan ? Belum lagi kalau mereka merekomendasikan produk kamu ke orang lain. Lalu bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan tersebut ?

Cara membangun loyalitas pelanggan pertama yaitu dengan mengenal pribadi pelanggan lebih jauh. Misalkan dengan mengetahui makanan favorit mereka, hobi lalu memberi mereka hadiah yang tidak pernah dibayangkan pelanggan loyal tersebut pada momen spesial mereka.

Cara membangun loyalitas pelanggan yang kedua adalah memberikan reward atas jumlah pengulangan pembelian mereka. Seperti yang dijalankan pada bisnis cuci sepeda motor/mobil yang memberikan diskon cuci motor gratis apabila mampu menunjukkan 10 kupon. Cara menarik loyalitas pelanggan ini tentu juga bisa dijalankan untuk bisnis warnet, katering, dll.

Cara membangun loyalitas pelanggan nomor tiga adalah dengan cara membuat pelanggan loyal mengakses layanan dan pembayaran dengan mudah seperti yang dilakukan oleh perusahaan kopi starbucks yang menawarkan pembayaran melalui perangkat mobile, Amazon Kindle yang memudahkan pelanggan loyal mereka tanpa perlu lagi memasukkan informasi kartu kredit berulang-ulang ketika hendak membeli buku di Kindle amazon.

Cara menjaga pelanggan setia nomor empat dengan menjadikan diri kamu terbaik diantara yang lain. Lakukan bisnis yang kamu lakukan dengan hati dan senang sehingga pelanggan senang ketika bertemu dengan kamu.

Cara membangun loyalitas pelanggan terakhir adalah dengan meminta unpan balik kepada pelanggan setia. Dengan begitu kamu akan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan tersebut dan tentu saja mewujudkan keinginan mereka agar loyalitas mereka tetap terjaga.

Itulah 5 cara membangun lolayalitas pelanggan agar bisnis kamu tidak berjalan sementara waktu dan akhirnya bisa tumbuh berkembang seiring bertambahnya pelanggan setia pada perusahaan. Ada tips mendapatkan pelanggan loyal yang lain ? Jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar.