Cara Install cPanel Di Linux Centos

Apa itu cpanel ? Mengapa memilih cPanel hosting ? cPanel adalah kontrol panel hosting yang populer dalam industri webhosting. Dengan menginstall cpanel pada hosting akan memudahkan tugas-tugas administrator sistem hosting linux, bahkan bagi mereka yang tidak begitu bisa menjalankan bash linux karena menggunakan Graphic User Interface.

cPanel adalah perusahaan kontrol panel web hosting dan untuk menggunakan software cPanel tersebut kalian harus membeli lisensi untuk menggunakannya. Walaupun begitu kalian diberi 15 hari versi trial untuk membiasakan penggunaan software cPanel tersebut.

Aplikasi cPanel hanya berfungsi di CentOS, CloudLinux dan Red Hat Enterprise Linux Systems (RHEL). cPanel juga datang bersama dengan webserver suite (LAMP) dengan Mail Server, server FTP, Name Server Application, dll. Berikut cara install cPanel di Linux Centos.

cPanel memberikan custom installation scrip, jadi kita hanya perlu mendownload script instalasi dan menjalankannya untuk menyelesaikannya instalasi cPanel. Langkah-langkah berikut dilakukan pada webserver baru. Untuk menghindari kesalahan menginstall cPanel tersebut, Anda tinggal memasukkan script berikut pada baris perintah terminal :
cd /home && curl -o latest -L http://httpupdate.cpanel.net/latest && sh latest
 
Perintah ini mengubah direktori kerja saat ini untuk /home, download paket cPanel terbaru dan mengeksekusi script instalasi cPanel. Berikut screenshot proses instalasi cpanel /WHM.
Setelah proses instalasi cPanel selesai, kita dapat berpindah ke setup cPanel / WHM melalui antar muka web / frontend. Pengaturan cPanel / WHM menggunakan port 2086 untuk http dan port 2087 untuk https.

Anda dapat mengakses antarmuka cPanel WHM melalui browser dengan menuliskan http://ipaddress:2086 / https://ipaddress:2087 untuk koneksi yang terenkripsi.

Setelah anda menulis alamat dan menekan enter, maka akan membawa Anda ke jendela WHM login dan karena WHM membutuhkan akses 'root', Anda perlu login sebagai user root dan password.

Halaman pertama yang Anda lihat setelah login akan menuju halaman konfigurasi instalasi. Halaman ini hanya menunjukkan perjanjian lisensi, Anda dapat menerimanya dan melanjutkan ke halaman berikutnya yang merupakan setup Networking.

Dalam halaman ini Anda perlu menentukan hal-hal berikut :
Server Contact Email Address = alamat email dimana server mengirimkan email pemberitahuan
This Server's Hostname = hostname dari server
Primary Resolver = nama primary resolver cpanel server contak ke domain name resolution
Secondary Resolver = nama sekunder ke domain name resolution dan menjadi alternatif apabila primary resolver tidak merespon
Select the main network/ Ethernet device = ini nama dariethernet device utama yang secara default bernilai eth0

Setelah melakukan langkah kedua diatas, mari kita lanjutkan ke langkah ke-3 yang akan membawa Anda ke IP Address halaman setup

Anda dapat melewatkan langkah ketiga ini dan melanjutkan ke langkah ke-4 apabila tidak memiliki beberapa IP. Jika mmiliki beberapa IP di server, maka silahkan menambahkan IP address tersebut pada kolom warna merah yang terlihat pada gambar diatas.

Padalangkah ini, Anda dapat memilih aplikasi name server yang ingin digunakan seperti Bind, MyDNS. Apabila ingin server cPanel untuk bertindak sebagai otorisasi Nameserver dari domain yang di host disana ataupun di host di luar hosting tersebut.

Anda harus menetapkan nama untuk server name seperti nb1.example.com, ns2.example.com. Setelah selesai melakukan dan memasukkan data klik 'Save and Continue' dan ini akan membawa anda ke halaman5 yaitu layanan konfigurasi.
Pada halaman ini Anda dapat menentukan hal-hal berikut :
FTP Server yang ingin anda install. Anda dapat memilih antara proftpd dan PureFTPD. instalasi default menggunakan PureFTPD. namun jika Anda tidak ingin FTP Server terinstall di server kalian dapat klik 'Disabled'.
Mail Serveryang hendak diinstall. Anda dapat memilih antara Dovecot And Courier. Secara default terpilih Dovecot dan anda dapat mendisable apabila tidak ingin menginstall mail server di server Anda.
Configure cPHulk Brute Force Protection. Anda dapat meng-enable fungsi ini untuk melindungi server dari serangan web service

Setelah selesai klik 'Save dan melanjutkan ke langkah ke-6

Langkah ini akan membawa ke halaman kuota halaman yang merupakan langkah terakhir dari cPanel/WHM Setup.

Anda dapat memilih 'Use file system quotas' jika Anda untuk mengkalkukasi penggunaan disk dari akun.

Klik 'Finish Setup Wizard' dan cPanel/WHM siap digunakan. Selamat anda telah menginstall software cPanel di linux.

Sumber :  PickaWeb