Tips Mudah Berpindah Dari Windows Ke Linux

Gambar : Wikimedia.org
Kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap pengetahuan tentang hak paten dan lisensi menyebabkan mereka kurang peduli terhadap adanya lisensi software dan terutama yang terkait juga sistem operasi yang mereka gunakan.

Selain golongan yang kurang peduli tersebut, ternyata banyak juga masyarakat yang tidak mengetahui tentang adanya lisensi software tersebut. Hal yang mereka tahu bahwa ketika mereka membeli perangkat komputer / laptop semua software yang mereka butuhkan sudah tertanam didalamnya .

Ketika di check ternyata apa yang terinstall pada komputer / laptop mereka semua berlisensi close source yang artinya sebelum menggunakan software tersebut sebenarnya mereka harus membeli lisensi terlebih dahulu, namun mereka mendapatkannya secara free alias gratis.

Terhadap golongan masyarakat yang tidak mengetahui perbedaan antara software open source dan close source ini tentu kewajiban bagi yang memiliki pengetahuan untuk memberitahu mereka. Dan terhadap mereka yang tidak mau peduli ditegakkan hukum karena mereka sudah tahu namun tidak mau mengindahkannya. Lalu adakah sistem operasi dan software yang bisa digunakan secara bebas tanpa melanggar lisensi ?

Untuk operating system yang bisa digunakan secara bebas tanpa takut melanggar lisensi software, maka pengguna dapat beralih menggunakan ssistem operasi Linux. Apabila teman-teman ingin berpindah dari sistem operasi bajakan windows ke sistem operasi linux postingan blog baweh belajar menulis online kali ini akan membahasnya. silahkan meneruskan membacanya semoga senang.

Linux Bukan Windows Namun Keduanya sama-sama OS
Hal pertama yang harus dipahami mereka yang akan berpindah ke sistem operasi linux adalah bahwa sistem operasi linux tidak sama dengan sistem operasi windows. Namun keduanya memiliki persamaan bahwa keduanya merupakan sistem operasi yang bisa digunakan.

Pengguna linux baru harus menyadari bahwa ketika mereka menggunakan sistem operasi linux mereka memasuki area baru dan harus membiasakan kebiasaan baru yang bisa jadi berbeda ketika mereka menggunakan windows.

Ketika menggunakan Linux pertama kali, bisa jadi mengalami hambatan terhadap driver dan souncard yang tidak didukung yang harus diinstall melalui layanan pihak ketika. Pengguna linux harus sadar dan berusaha mencari jawaban atas masalah mereka ketika kesulitas memecahkan masalah sendiri bisa bertanya ke komunitas linux yang ada di internet maupun teman mereka yang sudah menggunakan linux.

Persiapan migrasi ke linux
Persiapan yang harus dilakukan sebelum menginstall sistem operasi Linux kedalam komputer/ laptop adalah menyediakan flashdisk kosong sebagai tempat menginstall sistem operasi linux, sehingga ketika ingin menggunakan dan belajar membiasakan diri menggunakan linux tinggal mencolokkannya ke komputer/laptop dan memilih booting pertama dari usb flashdisk.

Hal ini dilakukan agar pengguna baru linux dapat belajar dan membiasakan menggunakan sistem operasi linux tanpa takut data mereka hilang. Hal ini juga mudah bagi pengguna windows apabila ingin kembali menggunakan sistem operasi windows.

Hal ini juga bisa digunakan untuk mengecek masalah-masalah yang akan ditemui dan mengetahui kompatibilitas perangkat terhadap sistem operasi linux yang digunakan. Sehingga dapat mencari penyelesainya sebelum pindah 100% ke linux.

Menjalankan dual booting windows dan linux
Apabila sudah terbiasa menggunakan linux, kalian dapat menggunakan dual booting windows dan linux. Dengan begitu ketika menghidupkan komputer kalian dapat memilih sistem operasi yang ingin kalian gunakan tanpa harus mencolokkan flashdisk linux.

Saya kok tidak dapat menginstall software-software untuk windows di linux ? Kan diatas tadi sudah dijelaskan bahwa linux tidak sama dengan windows. Untuk menjalankan software windows di linux bisa menggunakan software wine yang bisa kalian download dari distro linux yang kalian gunakan.

Kalau tidak berjalan juga bisa mencari software alternatif windows untuk linux yang berlisensi free open source software yang bisa kalian cari di internet. Dengan begitu kalian tidak berurusan dengan masalah lisensi software. Seperti photoshop alternatifnya pakai gimp, office dengan libreoffice, dan masih banyak contoh lain yang bisa kalian install di linux kalian tanpa melanggar lisensi.

Hal tersulit kadang bukannya tidak bisa beralih dari windows ke linux, namun mereka telah berada dalam area comfort zone dan tidak mau menggunakan sistem operasi linux sebagai pengganti windows bajakan yang dipakai.

Sebagai langkah migrasi dari windows ke linux, teman-teman dapat memilih sistem operasi linux yang ramah pengguna seperti distro linux mint, ubuntu, elementary os, apabila ingin menginstall distro lokal juga ada seperti distro blankon os, garuda os, dan IGOS tentunya masih banyak distro-distro linux yang dapat kalian pilih.

Semoga cara dan tips mudah berpindah dari windows ke linux bermanfaat. Daripada berkutat dengan software bajakan lebih baik memilih sistem operasi alternatif yang bebas dan menentramkan hati. Setuju ?!