Mengenal Distro Linux Gentoo

Gambar : Gentoo
Apa itu Gentoo ? Gento adalah salah satu nama distro linux yang benar-benar memberikan kebebasan yang serbaguna dan cepat yang ditujukan bagi para developer dan administrator jaringan yang sudah tidak asing dengan perintah lewat command line/terminal linux.

Distro linux Gentoo memiliki ciri khusus dibandingkan dengan distro linux yang lain, karena linux gentoo memiliki sistem managemen paket tingkat lanjut yang disebut Portage. Apa manfaat adanya managemen paket pada linux gentoo ?

Managemen paket Portage adalah tradisi port dalam sistem port BSD. namun Portage linux gentoo berbasis Python dan mendukung fitur lebihtermasuk terhadap fitur dependencies terhadap managemen paket gentoo. Dengan begitu mudah untuk menginstall, memisahkan system profiles, virtual packages, config file management dan masih banyak lagi.

Pada bulan Mei lalu Project linux Gentoo merilis pengumuman versi terbaru distro linux gentoo. Sebuah live DVD image dengan KDE Plasma sebagai desktop bawaan gentoo terbaru.

Rilis linux gentoo terbaru juga dilengkapi dengan dukungan terhadap UEFI, ZFS. Distro Gentoo dengan bangga mengumumkan ketersediaan live DVD yang diberi kode nama 'Choice Edition' untuk merayakan kolaborasi lanjutan antara pengguna Gentoo dan Developer.

Live DVD Gentoo tersedia dalam dua rasa yang pertama versi x86 hybrid/ x86_64 dan kedua versi x86_64 multilib. Versi  86-amd64-32ui ISO image akan bekerja pada 32-bit x86/ 64-bit.

Jika arsitektur CPU x86 maka linux gentoo akan boot secara defaul dengan gento kernel, dan jika arsitektur adalah amd64 akan boot dengan kernel gentoo64.

Adapun versi amd64-multilib ISO image adalah untuk CPU x86_64 saja dan tidak akan berjalan pada arsitektur CPU x86. Live DVD linux Gentoo memiliki fitur yang luar biasa dalam daftar paket kernel 4.5, X.Org server 1.18.3, KDE Plasma 5.6.2, Firefox 45.0.1, LibreOffice 5.1.2, GIMP 2.9.2, Blender, Chromium, dan banyak lagi.

Apabila kamu hendak mencoba distro linux Gentoo dapat mendownload linux gentoo tersebut melalui link berikut dan silahkan pilih arsitektur cpu/laptop kalian.

https://www.gentoo.org/downloads/