Cara Install Dual Boot Windows 10 Dan Ubuntu

Hai, pada postingan baweh belajar menulis tentang cara install dual boot windows 10 dan ubuntu uefi firmware. Bagi kamu yang belum mengenal ubuntu boleh berkenalan release ubuntu terbaru yaitu Ubuntu Yakkety Yak di postingan berikut Ubuntu 16.10 Yakkety Yak.

Proses dual boot ubuntu dan windows 10 ini di test pada komputer dengan UEFI Firmware dan menggunakan hard disk tunggal. Hal pertama yang diinstall adalah windows 10 terlebih dahulu, setelah itu baru kita menginstall ubuntu dual boot di windows 10 tersebut.

Untuk menghindari kegagalan dan agar proses instalasi Ubuntu 16.10 Yakkety Yak tersebut berjalan lancar, direkomendasikan untuk menonaktifkan 'Restricted Boot' apabila terdapat secure boot di komputer.

Langkah kedua adalah masuk ke dalam bios atau utility setup UEFI dan konfigurasikan ke boot dari media external, baik dvd/flashdisk sesuai kalian menyimpan instalasi ubuntu 16.10.

Langkah ketiga, kamu perlu membuat partisi di hard disk yang akan digunakan untuk tempat linux ubuntu nantinya. Caranya cukup sederhana dengan pergi ke manager partisi windows 10. Untuk lebih jelasnya bisa melihat ke gambar apabila kamu belum mempartisi hard disk komputer kamu.


gambar 1

Langkah keempat adalah Pada saat proses ini saya anggap kamu telah memiliki DVD/ Flash Disk Ubuntu 16.10 yang akan diinstall. Masukkan dvd/flashdisk ubuntu dan rebootlah komputer untuk menginstall ubuntu Yakkety Yak tersebut.

Langkah ke-lima setelah kommputer reboot, maka akan muncul peringatan booting from external media, pencetlah ketika peringatan tersebut maka kamu akan dibawa ke halaman live ubuntu.

Setelah live ubuntu selesai berjalan kamu bisa menjalankan ubuntu secara live tanpa perlu menginstallnya di komputer windows 10 tersebut. Apabila suka maka kamu bisa melanjutkan proses install ubuntu dual booting windows 10.

Langkah ke-enam setelah proses live DVD selesai dan yakin ingin menginstall ubuntu di windows, klik gambar DVD untuk menginstall ubuntu, ikuti proses instalasi tersebut sampat terlihat gambar berikut :

Gambar 2

Langkah ke-tujuh Pilih 'Something else' dan klik continue

Gambar 3

Langkah install ubuntu dual boot windows 10 adalah membuat partisi untuk ubuntuk. Pada windows boot manager windows yang muncul pilih bagian 'free space' klik tanda '+"

Gambar 4

Langkah ke-8 akan muncul jendela hard disk yang akan kita pakai ubuntu ubuntu biarkan secara default lalu kita klik continue

Gambar 5

Langkah ke-9 menentukan berapa ruang hard disk yang akan kita gunakan untuk ubuntu. Mari kita mulai dengan membuat partisi root. Ukuran hard disk dalam mega byte (MB). Pada bagian mount point pilih '/' lalu klik 'ok'.

Gambar 6

Langkah berikutnya akan mount di /home. Ini adalah partisi yang akan menampung semua file dan folder, maka buatlah ruang penyimpanan home besar sehingga menampung data-data kamu nantinya. Setelah selesai klik 'ok'.

gambar 7

Sekarang kita akan membuat partisi untuk swap. Setelah selesai klik ok

Gambar 8

Setelah membuat partisi swap. Kamu harus kembali ke jendela partition tool utama untuk terakhir kalinya sebelum menjalankan ubuntu di windows 10. Dari the device for boot loader installation pilih the efi partition. Pada sistem yang digunakan untuk artikel ini, partisi yang sesuai dengan /dev/sda2 yaitu partisi kedua pada hard disk. Setelah yakin klik tombol "Install Now" untuk melanjutkan proses instalasi selanjutnya.

Gambar 9

Setelah instalasi selesai dengan sukses, reboot komputer harus reboot ke menu GRUB. GRUB (Grand Unified Bootloader) adalah bootloader yang digunakan virtual dari semua distro linux.

Selain terdapat entri untuk ke sistem operasi ubuntu 16.10 juga terdapat satu entri ke windows 10 apabila kamu hendak menjalankan windows 10. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya. Sehingga apabila hendak menginstall windows 10 dan ubuntu harus menginstall windows terlebih dahulu baru menginstall distro linux dalam hal ini ubuntu 16.10 Yakkety Yak.

Sumber : http://linuxbsdos.com/2016/11/05/dual-boot-ubuntu-16-10-windows-10-on-a-pc-with-uefi-firmware/