Mengenal Linux Ubuntu 16.10 Yakkety Yak

Tinggal menunggu sebelum jadwal release final ubuntu 16.10 Yakkety Yak yang rencananya rilis final 16.10 Yakkety Yak akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2016. Apa saja Fitur terbaru linux ubuntu Yakkety Yak tersebut ?

Bagi teman Baweh belajar menulis online yang saat ini masih menggunakan Linux Ubuntu 16.04 LTS, berikut cara upgrade ubuntu 16.04 LTS ke Ubuntu 16.10. Bagi teman-teman yang menggunakan Linux Ubuntu Desktop silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buka "Software & Update" setting yang ada pada system settings Ubuntu
  2. Pilih tab ke tiga yang bertuliskan "Updates"
  3. Set "Notify me of a new Ubuntu version" pada dropdown menu dan pilih "For any new version"
  4. Tekan Alt+f2 untuk membuka terminal ubuntu dan ketikkan "update-manager -d" tanpa tanda kutip.
  5. Klik Upgrade dan ikutilah jendela yang muncul di layar desktop ubuntu hingga proses upgrade ubuntu 16.04 ke ubuntu 16.10 selesai.
  6. Setelah sukses upgrade ubuntu silahkan restart.
Bagi teman-teman yang menggunakan linux ubuntu server bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk upgrade linux ubuntu server 16.04 ke linux ubuntu server 16.10. Berikut cara upgrade linux ubuntu server :
  •  Install paket update-manager-core apabila belum terinstall di linux ubuntu server kalian.
  • Pastikan bahwa /etc/update-manager/release-upgrade dalam kondisi normal
  • Jalankan upgrade tool melalui command prompt dengan mengetik "sudo do-release-upgrade -d" "tanpa tanda kutip).
  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar.
Perhatian bahwa upgrade ubuntu server akan menggunakan gnu screen yang bisa menyebabkan jaringan drop dan upgrade ubuntu kali ini tidak ada pilihan untuk upgrade offline. Jadi pastikan ketika akan upgrade ubuntu 16.04 ke ubuntu 16.10 kalian terhubung ke internet. Fitur baru apa saja yang ada di Linux Ubuntu 16.10?.

Linux ubuntu 16.10 menggunakan kernel linux 4.8 yang sejatinya juga akan dirilis secara resmi bukan ini dan sekarang masih tahap beta. Selain menggunakan kernel linux 4.8 juga ada gpg binari yang dipersembahkan oleh gnupg2.

Untuk versi linux ubuntu desktop dalam hal produktifitas dan office disediakan libre office terbaru yaitu libreoffice 5.2. Ubuntu sekarang menggunakan GTK3 secara default. Pada update manager ubuntuk sekarang menunjukkan changlog untuk PPAs

Aplikasi-aplikasi ubuntu yang disediakan oleh GNOME telah diupdate ke GNOME 3.20, bahkan beberapa aplikasi telah diupgrade ke GNOME 3.22. Nautilus ubuntu juga telah diupdate ke nautilus 3.20 dan systemd sekarang digunakan untuk user sessions.

Bagi teman-teman yang ingin download linux ubuntu 16.10 Yakkety Yak yang notabene versi linux ubuntu terbaru silahkan download melalui link berikut dan download dengan cara yang kalian pilih baik download ubuntu secara langsung maupun download linux ubuntu 16.10 melalui layanan bittorent.

http://releases.ubuntu.com/16.10/