Cara Mengembalikan Desktop Dan Dokkumen Setelah Menonaktifkan Sync di MacOS Sierra

Apakah sobat Baweh belajar menulis online termasuk salah satu pemilik MacOS Sierra ? Kalau sobat salah satu fans Apple tentu sudah mengenal tentang layanan iCloud Apple. Namun bagi sobat yang belum mengenal apa itu iCloud Drive, berikut gambaran sekilas tentang apa yang dimaksud iCloud Drive.

Google memiliki layanan penyimpanan online yang disebut dengan Google Drive, Microsoft memiliki layanan onedrive, Ubuntu memiliki layanan pengimpanan online yang disebut Ubuntu One, demikian juga Apple memiliki layanan penyimpanan online yang disebut iCloud. Apa fungsi iCloud Drive tersebut ?
Sama seperti layanan-layanan sejenis diatas, bagi kalian yang bertanya apa kegunaan iCloud Drive, kegunaan utama iCloud Drive sebagai tempat penyimpanan online yang ditujukan bagi pemilik Gadget Mac sobat. Kembali ke latihan belajar menulis kali ini yaitu tentang cara mengembalikan desktop dan dokumen setelah menonaktifkan iCloud Synk di MacOS Sierra. Bagaimana caranya ?

Sebuah fitur baru untuk MacOS Sierra memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi file dan folder desktop dan dokumen ke dalam layanan iCloud Drive sehingga dapat mengaksesnya di semua perangkat yang dimiliki. Sayangnya jika menonaktifkan fitur ini, ia akan menghapusnya dari komputer kalian.

Namun tidak perlu risau, meskipun file-file di folder local komputer terhapus, file-file yang telaah disinkronkan ke layanan iCload Drive sebelumnya tetap tersimpan di layanan iCloud Apple tersebut. Karena ketika pengguna Mac OS Sierra menyinkronkan file desktop dan dokumen maka file-file tersebut disimpan di dua tempat yaitu de komputer pribadi dan di layanan iCloud Drive. Menghapus file desktop dan dokumen akan menghapus salinan yang disimpan di iCloud Drive.

Namun bila menonaktifkan sinkronisasi desktop dan dokumen iCloud driveMacOS akan secara otomatis menghapus file dari dua lokali tersebut dan hanya menyimpannya di iCloud Drive. Jadi apabila kalian berfikir bagaimana canya menonaktifkan fitur iCloud Sync. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan kembali file di layanan iCloud Drive dan kembali ke folder desktop dan dokumen folder.

Untuk mengakses pengaturan ini, buka System Preferences dan kemudian klik pada iCloud.

Di sebelah kanan iCloud drive klik "Options"

Hapus centang kotak di samping "Desktop & Documen Folder"

Muncul Pop-Up peringatan bahwa file-file ini hanya akan disimpan di iCloud drive jika sobat menonaktifkan sinkronisasi desktop & Dokumen folder. Apabila sobat setuju Klik "Turn Off"

File yang ada di desktop dan dokumen folder akan dihapus dan hanya ditempatkan di iCloud Drive yang secara otomatis akan terbuka setelah klik "Turn Off". Ini artinya bahwa ketika menonaktifkan synk MacOS dokumen kalian hanya dipindahkan ke layanan iCloud Drive saja.

Selanjutnya, buka folder iCloud Drive di Mac maka sobat akan mendapati folder desktop dan dokumen ada didalam layanan iCloud Drive tersebut.

Buka setiap folder dan drag and drop apabila kalian ingin menyimpannya ke dokumen lokal  dan menghapus sisanya apabila kalian sudah tidak membutuhkannya lagi. Namun apabila kalian ingin menjadikannya sebagai dokumen backup dari dokumen kalian sebelumnya, maka kalian tidak perlu menghapus dokumen iCloud Drive tersebut.

Sumber : http://www.howtogeek.com/273629/how-to-restore-your-desktop-and-documents-after-disabling-icloud-sync-in-macos-sierra/