Fitur Terbaik Kernel 4.8 Linux

Gambar :Phoronic.com
Masa Linux 4.8 kernel Windows Merge berakhir dan telah dirilis versi final dari kernel linux 4.8. Diantara highlight untuk linux kernel 4.8 adalah dukungan OverClocking AMD GPU OverDrive, Initial support NVIDIA Pascal, driver display baru Mali ARM, dukungan terhadap Raspberry Pi3 BCM SoC, dukungan HDMI CEC, perubahan besar pada Btrfs dann XFS dile-system code, dan sejumlah fitur keamanan keamanan terbaru.


Grafis
support AMDGPU OverDrive untuk bisa overclock AMDGPU menggunakan Open Source Driver Linux, namun dukungan overclocking saat ini hanya tersedia dengan hardware AMDGPU dan melalui basic command-line dan sysfs untuk hanya mendorong GPU dan memori jam dalam peningkatan 1%, tidak seperti Wattman baru yang didukung oleh driver Windows.

Terdapat banyak peningkatan dalam PowerPlay untuk code AMDGPU dan khususnya peningkatan untuk Carrizo dan Stoney.

Dukungan NVIDIA Pascal melalui driver Nouveau open source, namun untuk Geforce GTX 1000 GP104/GP106 GPU hanya berupa pengaturan dasar melalui mode setting.  Belum ada dukungan akselesari untuk consumer cards sampai NVIDIA merilis file firmware untuk dukungan tersebut. Hanya untuk GP100 yang ada dukungan saat ini.

Untuk driver intel DRM, salah satu fitur DRM intel baru untuk linux 4.8 adalah GVT-g para-virtualization. Sebuah ARM Mali display driver telah ada namun hanya relevan sesuai dengan display hardware.dan berbagai varian DRM updates.

Hardware
Kernel 4.8 Linux mendukung Raspberry Pi3 bcm2837 SoC. selain itu juga dukungan terhadap ARM SoC baru termasuk broadcom BCM23550, Freescale i.MX7Solo, Qualcomm MDM9615, rENESAS R8A7792, DAN Renesas r8a7796.

Mendukung ACPI Lower-Power, dukungan HDMI CEC Frameword! HDMI CEC telah lama mendukung kernel linux dan harus memungkinkan untuk dukungan kontrol linux lebih baik seharusnya pada kernel 4.8 Linux.

Dukungan terhadap driver Intel Virtual Button untuk membantu beberapa laptop skylake baru, ASoCsound driver baru, termasuk dukungan untuk beberapa Mediatek platform dan Allwinner A10. Dukungan hardware IBM POWER9

QCA9888 mendukung untuk driver ath10k, KVM Updates. Sebuah reboot mode driver baru untuk membantu beberapa hardware ARM. SDIO WiFi Driver yang berguna bagi mereka yang memiliki Secure Digital WiFi Card yang didukung beberapa perusahaan chipset.

Keamanan
Peningkatan keamanan kernel linux 4.8 yaitu dengan adanya fitur kernel baru seperti perlindungan usercopy dan ASLR untuk bagian memori kernel dan peningkatan dev/random plus beberapa perubahan yang tertuang dalam fitur linux kernel 4.8.

Sudahkan kalian mencoba mengeksplore kernel linux 4.8 ? Mari berbagi dalam kolom komentar.

Sumber : http://www.phoronix.com/scan.php?page=article&item=linux-48-features&num=1