Cara Convert File CBR ke PDF

Lagi suka baca-baca komic, namun sayang perangkat kalian tidak mendukung untuk membaca file CBR/CDR/CBZ, bagaimana solusinya ? Agar bisa membaca file CBR dimana saja kalian dapat mengconvert file CBR ke PDF. 

Pada postingan kali ini baweh online belajar menulis tentang cara convert file CBR ke PDF di linux ubuntu. Tapi bisa juga kalian menjalankan melalui Windows Subsystem for Linux kok, jadi baca terus hingga selesai yaa.

Program yang digunakan untuk convert file CBR ke PDF ini merupakan script sederhana yang akan melaksanakan tugas mengubah bentuk file cbr / cbz ke bentuk file PDF.

Program ComicConvert ini dicoba menggunakan komputer dengan sistem operasi
Linux Ubuntu 16.04 dan juga pada komputer windows yang sudah terinstall Windows Subsystem for Linux (WSL). Apabila kalian belum tahu cara menginstall ikuti langkah-langkahnya pada postingan menjalankan linux bash dari Windows 10 secara langsung.

Apabila kalian menggunakan nautilus file manager, tempatkan script comicconver di -/.local/share/nautilus/script agar bisa menjalankan script comicconvert tanpa melalui command line.

Program convert file cbr to pdf comicconver ini membutuhkan dependences program imagemagick yang bisa kalian install di linux ubuntu dan bash on windows subsystem for Linux dengan mengetikkan sudo apt-get install imagemagick menggunakan command line.

Apabila kalian hendak mengconver file cbr ke pdf dengan file berukuran besar bisa jadi akan error dengan peringatan low ram karena masalah pada program imagemagick. Apabila kalian mendapati masalah ini, coba untuk menggunakan img2pdf.

Bagi teman-teman yang ingin berbagi pengalaman menggunakan program convert file cbr ke pdf, silahkan berkomentar di kolom komentar.

Sumber : https://github.com/rumesh986/comicconvert