5 Alasan Ilmuwan Indonesia Memilih Bekerja Di Luar Negeri

Pada hari sening 25/05/2015 situs Tempo online menerbitkan artikel dengan judul "Mengapa Ilmuwan Indonesia Pilih Bekerja di Luar Negeri? Ini Cerita Habibie".

Presiden Ke-3 Indonesia mengaku prihatin, mengapa banyak anak muda, para pakar Indonesia, serta para Ilmuwan Indonesia tersebut memilih bekerja dan tinggal di Negara orang lain dibandingkan bekerja untuk mensejahterakan negara mereka Indonesia. Berikut rangkuman baweh belajar menulis online menceritannya dari artikel tersebut :

1. Pemerintah gemar import dari luar negeri
Keputusan para Ilmuwan bekerja dan tinggal di Luar negeri karena kebijakan pemerintah Indonesia yang suka mengimpor produk dari luar negeri. Padahal produk-produk tersebut bisa dihasilkan oleh para putra-putri Indonesia apabila mereka diberi kepercayaan dan kesempatan untuk membuat produk tersebut.

2. Tidak ada lapangan pekerjaan
Alasan lain mengapa para Ilmuwan memilih bekerja dan tinggal di luar negeri, karena mereka tidak mendapatkan lapangan pekerjaan di Indonesia. sebagaimana ketika ditanyakan kepada beliau "Mengapa mereka tidak pulang ? Mengapa mereka tidak bekerja saja di Tanah Air?" "Mengapa? Karena kalau pulang ke sini tidak ada lapangan kerjanya". Ungkap Habibie seusai jamuan makan madam dalam memperingati 25 tahun Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di kediaman beliat di kawasan Patra Kuningan, Jakarta (24/05/2015).

3. Tidak dimanfaatkan Negara
Alasan para Ilmuwan bekerja di luar negeri karena mereka harus tetap bekerja untuk kesejahteraan mereka. Karena negara Indonesia tidak memanfaatkan mereka, maka mereka keluar untuk mencari siapa yang mau memanfaatkan keilmuan yang mereka miliki.

"Kita harus konsentrasi memanfaatkan produksi dalam negeri sebanyak mungkin. Kalau konsisten dikerjakan, mereka juga akan tetap di Indonesia" Kata Habibie.

4. Keunggulan kemampuan diri harus selalu diasah
Para Ilmuwan yang memiliki kemampuan lebiah diatas rata-rata tersebut harus tetap bekerja untuk mengasah kemampuan mereka sehingga tidak akan habis kemampuan unggul mereka. Kalau para ilmuwan menganggur maka hilanglah keunggulan keilmuan mereka. Sebagaimana diungkapkan Bapak Habibie "Kalau nganggur bakal habis kemampuan unggulnya".

5. Indonesia harus mengandalkan masa depan negara pada SDM Indonesia.
Menurut Habibie, Indonesia harus mengandalkan masa depan pada keunggulan SDM-nya. Untuk itu dibutuhkan biaya yang diperoleh dari penjualan sumber daya alam terbarukan dan tidak terbarukan.

Itulah 5 alasan ilmuwan Indonesia lebih memilih bekerja di luar negeri dibandingkan bekerja di negaranya sendiri Indonesia. Ada yang mau menambahkan alasan ilmuwan bekerja di luar negeri ? Silahkan ditambahkan di kolom komentar sob.

Sumber : Tempo.co