5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Router

Sinyal wifi merupakan gelombang radio yang berada pada jaringan rumah atau kantor. Apabila gelombang jaringan wifi router terhalang maka perangkat penerima signal wifi akan kena pengaruh dari halangan tersebut. Lalu bagaimana cara memperkuat sinyal wifi router tersebut ?

Cara memperkuat sinyal wifi router ini berlaku secara umum untuk semua jenis router, termasuk apabila sobat menggunakan router TP-Link sobat juga bisa menggunakannya sebagai cara memperkuat sinyal wifi router TP-Link yang kalian miliki.

Gelombang radio signal wifi yang bagus dan kuat akan berimbas pada kinerja jaringan yang lebih cepat dan cakupan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu penting untuk meletakkan posisi router dengan benar agar memberikan kinerja optimal. Lalu bagaimana cara menaruh router dengan benar agar memberikan kinerja yang optimal tersebut ?

Arahkan Antena Up Router dengan benar
Router umumnya memiliki antena fisik yang dapat disesuaikan. Antena Up router sering menunjuk horizontal agar sesuai dengan kotaknya. Untuk mendapatkan kekuatan signal router optimal, posisikan antena router secara vertikal dengan mengarah keatas. Jika antena router lebih dari satu arahkan semuanya secara vertikal, karena mengarahkan antena router ke arah berbeda tidak akan menambah kekuatan signyal router tersebut.

Letakkan Router Dengan Benar
Apabila rumah/kantor sobat luas pertimbangkan untuk menaruh router di tengah-tengah ruangan sehingga semua daerah pada ruangan tersebut mendapatkan sinyal yang sama kuat.

Apabila router di tempatkan di salah satu ujung ruangan maka ujung yang lain menerima sinnyalnya akan berkurang. Apabila signal router pada ujung yang lain tetap kuat ketika ditaruh disisi yang lain, maka tidak perlu memindahkan router ke tengah-tengah ruangan.

Jangan menaruh router di lantai atau di tempat rendah karena akan mempengaruhi kekuatan sinyal wifi router tersebut. Untuk mendapatkan cakupan maksimal router, taruhlah pada tempat yang tinggi.

Hindari Interferensi
Jangan letakkan router dekat benda logam seperti rak logam atau lemari artip karena bahan logam dapat memblokir sinyal Wi-Fi, sementara bahan dari kayu dan plester dinding tidak akan mengganggu signal Router.


Jauhkan juga dari perangkat wireles yang menggunakan frekwensi 2,4 GHz yang akan mengganggu koneksi antara router dan laptop karena terhalang oleh perangkat yang berada pada frekwensi yang sama dengan router wifi

Pilih Saluran Wi-Fi Terbaik
Apabila sobat di layanan Wi-Fi umum seperti pada kompleks apartemen, jaringan signal tetangga, jaringan wifi tersebut mungkin akan mengganggu sobat.

Apabila tetangga sobat juga memiliki jaringan wifi, mungkin bisa bernegosiasi menaruh routernya agar tidak saling ganggu. Hal terbaik yang dapat sobat lakukan adalah beralih ke Wi-Fi yang berbeda agar mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Cara memilih channel terbaik bisa dilihat pada buku panduan manual yang memberikan petunjuk cara melakukan pemilihan channel wifi tersebut. Apabila tidak ada panduan manual dalam dus router bisa mencoba mencari di web resmi router yang sobat miliki.

Menggunakan software Wi-Fi Analyzer
Salah satu cara untuk mendapatkan signal wifi dengan menggunakan software wifi analyzer untuk ponsel Android dan tablet yang akan memantau jaringan Wi-Fi di dekat sobat dan merekomendasikan saluran Wi-Fi untuk ponsel Android. Saya aplikasi serupa aplikasi Wi-Fi analyzer belum ada untuk iPhone dan iPad karena keterbatasan yang disediakan apple bagi pengembang aplikasi.