Belajar Menyelesaikan Masalah

Dari kehidupan yang kita jalani selama ini tidak akan terlepas dari permasalahan. Dari permasalahan yang sederhana sampai masalah yang kompleks yang bisa menyebabkan masalah turunan apabila tidak segera diatasi.

Dalam melihat suatu masalah bisa jadi suatu masalah itu sudah menjadi masalah besar bagi seseorang, namun bagi yang lain hal tersebut merupakan masalah kecil yang mudah diatasi sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

Cara mengatasi masalah tersebut menandakan
kedewasaan seseorang, karena ketika kita hendak menyelesaikan kita harus mengontrol emosi agar tetap fokus pada penyelesaian masalah yang sama-sama menguntungkan terhadap pihak-pihak yang sedang bermasalah.

Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam menyelesaikan masalah, alangkah lebih baik mendokumentasikan penyebab-penyebab timbulnya masalah tersebut sehingga bisa memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi dan mencegah terjadinya masalah turunan dari permasalahan tersebut.

Apabila tidak pandai mengontrol emosi yang mudah meledak bisa jadi bukan penyelesaian masalah yang didapat, namun akan menambah masalah baru yang akibatnya masalah menjadi rumit dan proses penyelesaiannya membutuhkan waktu lebih lama.

Tips dan cara ampuh menyelesaikan masalah tentu menghadapi masalah tersebut dan mencari solusi efektif terhadap penyelesaian permasalahan tersebut. Janganlah lari dari masalah, karena ketika kita lari dari masalah itu artinya kita sedang mendokumentasikan permasalahan pada diri kita.

Jangan pernah berfikir bahwa ketika kita lari dari masalah, permasalahan tersebut akan selesai dengan sendirinya. Ingatlah bahwa beban masalah yang ada pada kita pasti bisa dilalui. Yakinkan pada diri sendiri ketika kita menghadapi masalah bahwa yang Maha Kuasa akan mengangkat derajat kita melalui permasalahan ini.

Bersabar dan fokus terhadap penyelesaian masalah dan jangan lupa berdoalah untuk dikuatkan pundak kita dalam menanggung beban masalah ini, sehingga kita tetap tenang menghadapi masalah yang kita hadapi.

Punya tips dan cara menyelesaikan masalah secara efektif lainnya ? jangan ragu untuk menambahkannya pada kolom komentar sehingga kita sama-sama bisa belajar menyelesaikan masalah dengan jitu.