Cara Meningkatkan Produktifitas Jamur Tiram

Sudah banyak cara dan tips meningkatkan hasil produksi jamur tiram di internet, namun ketika melihat biaya yang harus dikeluarkan bisa jadi mengurungkan niat untuk menggunakan cara tersebut karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Bagaimana kalau kita gunakan karung goni untuk meningkatkan hasil produksi jamur tiram tersebut ?

Pada kesempatan ini baweh akan belajar menulis dan membagikan cara meningkatkan produktifitas jamur tiram dengan karung goni. Masa bisa karung goni dimanfaatkan untuk meningkatkan jamur tiram ?

Gambar : wikipedia.org


Penelitian tentang manfaat karung goni untuk meningkatkan hasil produksi jamur telah diteliti oleh mahasiswa ITB sehingga secara ilmiah bisa dipertanggung jawabkan bukan ?

Penelitian yang dilakukan oleh Manunggal Ajie Putranto ini dilakukan dalam dua tahap penelitian. Penelitian pertama yaitu menempatkan karung goni, mengukur suhu awal, waktu, dan pembuatan timer penyiraman.

Penelitian kedua terdiri dari penanaman, perawatan dan penyiraman jamur tiram serta pengamatan produksi.

Pengairan karung goni diatur setiap 15 menit sekali selama 24 jam. Adapun penyiraman baglog sendiri tetap dilakukan 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa rak yang diberikan perlakuan dan diberi pendingin kaarung goni mempengaruhi suhu sekitar rak, sehingga suhu di daerah sekitar rak jamur tiram memiliki perbedaan yang cukup besar dengan rak yang tidak diberikan perlakuan pendinginan dengan karung goni. yaitu 4 0 C.

Hasil produksi jamur tiram juga berbeda antara yang diberi pe
ndingin karung goni dan yang tidak diberi pendingin karung goni. Dari 75 baglog pada rak didapatkan hasil 23,5 kg, sedang hasil panen jamur tiram tanpa pendingin karung goni menghasilkan jamur tiram sebesar 16,7 kg.

Bagi sobat blogger yang ingin melihat review skripsi dari mahasiswa ITB tersebut silahkan membaca pada halaman berikut.

http://fateta.ipb.ac.id/index.php/View-document/115-MANUNGGAL-AJIE-PUTRANTO-F14070085.pdf