Cara Agar Video Youtube Mudah Dicari

Setiap Youtuber tentu berhadap video yang telah dibuat berada di posisi halaman pertama dalam hasil pencarian youtube, begitu juga dengan Anda bukan? Dari harapan tersebut banyak youtuber yang mencari tips dan cara agar video youtube kita ada di halaman pertama, betul tidak ?

Untuk berada di halaman pertama hasil pencarian Youtube tentu butuh perjuanan untuk mewujudkannya. salah satu faktornya yaitu apabila video youtube kita mudah dicari. pertanyaan selanjutnya tentu saja bagaimana cara agar video Youtube mudah dicari kan? Pada postingan artikel kali ini baweh online akan belajar menulis tentang cara agar video youtube mudah dicari dan tentu saja juga cara mendapatkan viewer banyak di Youtube.

Pada postingan baweh belajar menulis online sebelumnya membahas tentang bagaimana cara memilih nama channel youtube yang bisa anda baca apabila belum membacanya. Edisi ini melanjutkan dengan cara membuat viewer youtube banyak.

Pada tahapan pemilihan nama channel youtube yang membahas tentan penyesuaian halaman channel dan menuangkan konsep deskripsi pada channel Youtube kini saatnya memaksimalkan video youtube yang sudah kita buat.

Agar memiliki viewer banyak di Youtube buatlah video dengan daya tarik yang tinggi bagi penonton. Selain membuat video yang memiliki daya tarik bagi penonton jangan lupakan tentang judul, deskripsi, tags, dan thumbnail pada video yang Anda upload karena itu juga membantu video Anda agar video youtube kita ada di halaman pertama hasil pencarian youtube. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan agar video youtube memiliki banyak viewer :
  1. Upload video ke Youtube sesuai standar format video yang telah ditetapkan oleh Youtube. Berikut format video yang bisa Anda upload ke youtube : MOV, MPEG4, MP4, AVI, WMV, MPEGPS, FLY, 3GPP, WebM. Seiring bertambahnya kecepatan internet rasanya video dengan 720p merupakan standar minimal yang diterima penonton Youtube saat ini walaupun Anda dapat mengupload video ke Youtube dengan kualitas 1280p bahkan 4k. Mana yang harus dipilih. Pilihan tetap pada Anda, namun bagi saya pribadi mengupload video dengan kualitas 720p sudah nyaman di tonton.
  2. Buat judul video Youtube yang bisa membangkitkan emosi penonton mengklik judul tersebut. Namun jangan membuat judul video Youtube yang tidak berkaitan dengan video youtube Anda. Pikirkan juga untuk menyisipkan keywords pada frase judul video Youtube tersebut. Buat judul video youtube singkat, jelas dan padat yang menggambarkan video Youtube tersebut.
  3. Setelah membuat judul video Youtube yang singkat, padat dan tepat menggambarkan video Youtube. Maka jabarkan isi video Youtube Anda tersebut dalam deskripsi video. Anda dapat menuliskan deskripsi video hingga 5000 karakter. Sesuaikan deskripsi dengan panjang video. Apabila durasi video Anda pandek lalu anda menjabarkannya dalam karakter maksimal bisa jadi nanti dideteksi sebagai spam dan video Anda dihapus malah rugi kan? Gunakan bagian deskripsi untuk menjelaskan kepada penonton sehingga mereka tertarik untuk menonton video dan akhirnya Anda mendapatkan viewer banyak di Youtube. Pada deskripsi Anda juga menambahkan tautan ke situs web dan media sosial yang Anda miliki.
  4. Menentukan Tag pada video Youtube. Setelah judul, deskripsi. Sekarang hal yang perlu Anda perhatikan pada video youtube Anda sebagai Youtube creator adalah bagian Tag. Mengapa bagian ini penting dalam hal agar penonton youtube banyak? Karena algoritma Youtube memanfaatkan tag untuk menentukan video yang sesuai ketika penonton youtube mencari video yang mereka inginkan. Tag membantu agar video youtube mudah dicari dan agar video youtube kita ada di halaman pertama hasil pencarian youtube. Sebagaimana halnya judul dan deskripsi tidak boleh memberikan hal yang menyesatkan bagi pengunjung. Hal ini juga berlaku ketika anda memilih tags untuk video Youtube Anda.
  5. Buat thumbnail yang menarik pengunjung. Gantilah thumbnail otomatis yang dibuat oleh setelah berhasil mengupload video Anda dengan custom thumbnail yang bisa menggambarkan video Anda dengan tepat. Buatlah custom thumbnail yang bagus sehingga penonton tertarik untuk menonton video Anda.
  6. Menambahkan card. Apabila Anda memiliki video tutorial berseri, maka fasilitas card Youtube akan membantu penonton untuk menonton video lanjutan dari seri tutorial tersebut. Dengan begitu tentu akan menambah viewer pada channel Youtube Anda.
  7. Memantau Youtube Analytics. Setelah beberapa hari coba cek Youtube Analytics untuk memeriksa perkembangan video yang sudah Anda upload ke Youtube. Fitur Youtube Analytics bermanfaat sebagai pengukur keberhasilan performa video yang sudah diupload. mulai meninjau komentar yang ada untuk membangun jaringan sosial dengan komunitas dan menanggapi komentar-komentar yang ada.
Itulah 7 cara agar video youtube mudah dicari yang bisa Anda terapkan pada channel Youtube Anda sebagai Youtube creator. Punya cara mendapatkan viewer banyak di Youtube yang belum disebutkan ? Semoga Anda tidak berkeberatan membagikan pengalaman Anda sebagai Youtuber.

No comments :

Post a Comment