Free Download Distro Linux Ringan Dan Stabil

Apakah Anda sedang mencari distro linux yang ringan dan lengkap ? Atau sedang mencari distro linux paling ringan untuk netbook yang memiliki kemampuan terbatas ? Semoga ada diantara distro linux paling ringan dan stabil sebagai sistem operasi yang akan Anda gunakan pada Netbook, Notebook, ataupun pada Personal Computer yang Anda miliki.

Mengapa baweh online capek-capek menulis tentang artikel download distro linux yang ringan dan stabil ? Bukankan pada era sekarang ini zamannya era prosesor multicore dan RAM yang gede ? Itu mungkin bagi perangkat baru yang akan Anda beli. Bagaimana kalau Anda memiliki CPU lama yang sayang untuk diloakkan ? Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda mencari distro linux yang ringan dan stabil bukan?

Pada daftar berikut adalah daftar distro linux yang ringan, stabil dan lengkap. Begitu bukan yang Anda cari ? Semoga diantara distro yang Baweh Online bagikan pada artikel berikut dapat Anda pilih sebagai sistem operasi baru bagi netbook atau komputer lama yang Anda miliki.

1. Arch Linux
Distro linux Arch linux terkenal dengan distro linux yang ringan dan stabil yang tentu juga Anda ikuti dengan menginstall Desktop Environtment yang ringan diatasnya. Anda dapat dengan mudah menginstall Desktop Environtment di Arch untuk melihat desktop mana yang bekerja secara optimal pada perangkat komputer lama Anda.

Untuk menjaga kestabilan dan kehandalan pada perangkat komputer yang Anda miliki disarankan untuk menghapus Desktop Environtment yang tidak Anda gunakan dan hanya menggunakan desktop yang pas menurut Anda.

Apabila anda baru mau berpindah ke Linux tidak disarankan untuk menggunakan distro Arch Linux kalau tanpa pengetahuan batch dan menjalankan komputer dari text mode. Kenapa karena akan membuat Anda bingung dan takutnya malah tidak jadi menggunakan Linux.

Berikut beberapa desktop envirotnment yang dapat anda install pada distro arch linux. Diantara desktop berikut merupakan desktop environtment yang ringan, sehingga sangat cocok apabila Anda install sebagai desktop Arch Linux. Beberapa DE tersebut adalah i3, MATE, LXDE(LxQt), OpenBox.

2. Puppy Linux
Puppy Linux adalah distro linux yang tidak diragukan lagi soal keringanan dan kestabilannya yang luar biasa. Dan distro Puppy Linux juga bukan distro linux baru. Anda dapat menjalankan / boot langsung dari RAM dan mengambil ruang yang sangat sedikit, jika Anda memilih untuk menginstallnya. Selain itu, jika anda ingin menjalankan Puppy Linux dari DVD, Anda dapat menggunakan DVD sebagai perangkat penyimpanan dan, seperti Anda menginstall program atau memperbarui sistem, dan menulisnya ke Drive. Jadi, setelah Anda menginstall sebuah program ia akan tetap pada DVD.

Jika Anda menggunakan USB, Puppy Linux menggunakan sistem write-cache yang lebih baik untuk memperpanjang umur pakai USB. Puppy linux juga dilengkapi dengan satu set aplikasi yang bisa digunakan langsung seperti AbiWord, MyPlayer sehingga anda dapat langsung menggunakannya setelah booting.


3. Trisquel Mini
Trisquel Mini adalah distro linux lain yang ringan yang merupakan turunan dari distro linux ubuntu. Trisquel Mini merupakan bagian proyer distro Trisquel dan memang ditujukan untuk PC dengan tenaga rendah. Distro Linux Trisquel Mini menggunakan Desktop LXDE sebagai desktop defaultnya. Selain itu, Distro Trisquel Mini datang dengan satu set aplikasi standar seperti AbiWord, MPlayer, dan menggunakan browser Midori.

4. Lubuntu
Distro linux Lubuntu adalah distro linux yang ringan dan stabil turunan dari Linux Ubuntu. Lubuntu menggunakan desktop LXDE. Ketika menggunakan distro Lubuntu anda memiliki akses ke semua source canonical seperti Driver, codec dan PPA.

5. Debian
Distro linux Debia merupakan sumber utama dari semua distro linux Ubuntu. Tanpa diragukan bahwa distro linux Debian merupakan distro linux yang ringan. Pengguna dapat menginstal sistem operasi secara minimal dan kemudian memilih Desktop Environtment yang ringan yang tersedia seperti DE XFCE4, MATE, LXDE dan DE lain.

Memiliki saran distro linux yang ringan dan stabil selain yang disebutkan diatas ? Jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar. Dan apabila Anda hendak mendown distro linux yang ringan dan stabil diatas silahkan menuju ke halaman official distro linux masing-masing. Demikian tulisan baweh online tentang 5 daftar distro linux yang ringan dan stabil lengkap.

No comments :

Post a Comment