KDE Plasma 5.11 Untuk Kubuntu 17.10

Kalau Anda mengikuti perkembangan distro Ubuntu berterima kasihlah kepada team Ubuntu Desktop dari canonical yang telah bekerja keras untuk mewujudkan keinginan mereka kembali ke Desktop Environtment Gnope sebagai Desktop Environtment default untuk Ubuntu 17.10 (Artful Aardvark) yang akan menggantikan Desktop Unity yang digunakan sebagai Desktop Environtment default untuk Ubuntu.

Pada rilis terakhir yang secara resmi akan dirilis pada tanggal 19 Oktober nanti Ubuntu menghadirkan Gnome terbaru pada sistem Operasi Ubuntu yaitu GNOME 3.26. Mengikuti codebasenya, Kubuntu sebagai sistem operasi turunan dari Ubuntu pun berencana menghadirkan Desktop Environtment KDE Plasma 5.11 sebagai pengganti Desktop Default saat ini.

Dengan ketersediaan KDE Plasma 5.11 beta release pada PPA (Personal Package Archive) cukup cepat, mungkin karena mereka berencana untuk membawa KDE Plasma 5.11 kedalam Kubuntu 17.10 segera setelah versi kubuntu 17.10 final release tersedia untuk di download pada tanggal 19 Oktober 2017. Lalu bagaimana cara menguji KDE Plasma 5.11 pada Kubuntu 17.10?

Apabila Anda tertantang dan ingin merasakan Desktop environtment KDE Plasma 5.11 pada Kubuntu 17.10, anda dapat menguji versi beta dari kde plasma 5.11 dalam versi pengembangan dari Kubuntu 17.10 dengan menjalankan perintah berikut pada terminal emulator.

"sudo add-apt-repository -y ppa:kubuntu-ppa/beta
sudo apt update && sudo apt full-upgrade" (tanpa menuliskan tanda kutip).

KDE Plasma 5.11 diharapkan sudah tersedia tanggal 10 Oktober 2017, namun karena Ubuntu 17.10 (Artful Aadrvark) dalam tahap pengembangan final sebelum rilis resmi, maka tidak mungkin bagi tim kubuntu untuk meng-upgrade lingkungan mereka yang menggunakan KDE Plasma 5.10.5 sebagai update terakhir dari versi 5.10.

Oleh karena itu jika anda menjalankan Kubuntu versi 17.10 sekarang dan anda ingin menjaga instalasi Anda setelah rilis resmi tanggal 19 Oktober nanti, maka persiapkan untuk mengembalikan perubahan yang dibuat dengan menggunakan ppa-purge untuk menghapus PPA tidak resmi yang berisi bersi beta dari KDE Plasma yang Anda install pada versi beta testing.

Source : Softpedia