Cara Block Cryptocurrency Mining Dalam Browser

Teman-teman baweh online pasti sering kan berselancar di internet. Browser apa favorit yang kalian gunakan ketika berselancar di Internet ? Coba berbagi pengalaman browser favorit kalian pada kolom komentar untuk dibagikan dengan yang lain.

Berbicara tentang browser, pada postingan blog kali ini akan menulis 5 cara memblock cryptocurrency mining yang dilakukan melalui browser. Dengan menggunakan cryptocurrency mining blocker harapannya para penambang cryptocurrency tidak mendompleng ketika Anda berselancar di dunia maya. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita mengenal apa cryptocurrency itu ?

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau visual yang memanfaatkan enkripsi untuk keamanan. Karena mereka anonim dan desentralisasi di alam, dan salah satu maanfaat dari cryptocurrency untuk pembayaran yang tidak dapat dilacak oleh pemerintah.

Sebagaimana crypto-mining bertambah populer seiring berjalannya waktu dan mendapatkan popularitas, pemilik situs pun sekarang menggunakan script mining cryptocurrency untuk menggunakan kekuatan CPU dari pengunjung untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini juga telah menginspirasi beberapa crypto-mining untuk menggunakan metode tersebut. Maka para pengembang pun membuat metode untuk memblokir proses cryptomining pemilik yang dilakukan melalui broser tersebut.

The Pirate Bay sebagai situs torrent yang populer bagi pengguna teknologi torrent pun terlihat menguji Monero cryptocurrency mining di situs web mereka. Website The Pirate Bay mengaku bahwa hal itu bisa digunakan untuk menambang coin cryptocurrency di masa mendatang dan menjaga agar website tetap bisa mendapatkan penghasilan melalui cara tersebut.

Sebenarnya praktek penggunakaan browser pengguna internet sebagai sarana cryptocurrency mining bukanlah hal baru, namun The Pirate Bay adalah situs web populer pertama yang terlihat memanfaatkan cryptocurrency mining melalui browser tersebut. Namun ternyata para pengguna internet banyak yang tidak keberatan apabila situs favorit menggunakan browser pengguna untuk cryptocurrency mining.

Hal ini bisa disebabkan oleh fakta bahwa situs torrent adalah rumah bagi para pengiklan terkenal. Sebelum pergi ke depan dan memberitahu Anda bagaimana untuk memblokir penambangan cryptocurrency di web browser, biarkan saya memberitahu Anda bagaimana untuk mengetahui apakah Anda sudah menjadi target dari kegiatan cryptocurrency mining tersebut.

Bagaimana cara mengetahui PC kita digunakan untuk menambang cryptocurrency melalui broser atau tidak ?
Terlepas dari isu ransomware, malware, penambangan bitcoin meningkat dalam popularitas pada tingkat yang eksponensial. Dalam kasus pelakunya adalah beberapa situs yang menggunakan browser web. Dan untuk menjawab pertanyaan diatas tidaklah mudah. Pengunjung The Pirate Bay mengetahui bahwa komputer mereka digunakan untuk menambang Bitcoin melalui browser karena lonjakan besar dalam penggunaan CPU ketika mereka mengunjungi situs The Pirate Bay.

Anda juga dapat menggunakan teknik yang sama untuk melihat apakah situs web tertentu menyebabkan lonjakan penggunaan CPU ketika Anda mengunjungi situs tersebut. Ketika semua tab ditutup dan tidak ada aplika berjalan namun penggunaan CPU tetap tinggi ada kemungkinan bahwa Anda menjadi target cryptocurrency mining. Lalu bagaimana cara memblokir situs dari kegiatan cryptocurrency mining melalui browser ?

Sebagian besar situs yang menjadi berita utama seperti The Pirate Bay menggunakan layanan baru yang disebut Coin Hive untuk penambangan Bitcoin. Berikut beberapa cara sederhana untuk memblokir situs yang menggunaan browser Anda untuk kegiatan penambangan Bitcoin.

1. Gunakan Chrome extention No Coin
Apabila Anda menggunakan browser Google Chrome sebagai tool untuk berselancar di dunia maya, maka anda dengan mudah dapat menginstall extensi chrome No Coin. Extensi chrome No Coin merupakan solusi dari penambangan bitcoin dari situs web yang gratis dan open source. Extensi chrome No Coin merupakan cara yang dapat diandalkan untuk membuat Anda aman ketika berinteraksi ke internet melalui browser.

Yang perlu Anda lakukan adalah menginstall extention No Coin maka ketika anda mengunjungi situs, extensi no coin akan memeriksa apakah situs tersebut melakukan aktifitas Cryptocurrency mining / tidak. Jika ada aktifitas penambangan cryptocurrency maka extensi No Coin akan memberikan simbol mereh.

2. Extensi MinerBlock untuk Chrome
Tool kedua untuk mendeteksi penambangan cryptocurrency melalui browser dengan menginstall extensi MinerBlock pada Google Chrome. Sebagaimana extensi No Coin untuk Chrome, extensi MinerBlock google chrome adalah extensi open source lain yang dapat anda gunakan utnuk memblokin cryptocurrency mining di web browsr. Extensi ini saat ini memiliki daftar situs yang melakukan aktifitas penambangan bitcoin di daftar mereka.


3. Block Domain coin mining lewat file host
Langkah ketiga untuk memblock kegiatan cryptocurrency mining dengan cara manual memblokir domain tertentu yang Anda tidak menemukan berbahaya atau menjengkelkan. Karena alasan pemblokiran tersebut, maka browsr anda tidak akan dapat terhubung ke domain tersebut. Kita dapat mengedit file host dan redirect ke 0.0.0.0.

Untuk merubah tersebut. Apabila anda menggunakan Linux operating system, anda perlu membuka file host dengan menjalankan perintah berikut dan tambahkan 0.0.0.0 coin-hive.com ke akhir dokumen.
"sudo nano /etc/hosts" (tanpa kutip)

Lalu jalankan perintah berikut :
"sudo nano /private/etc/hosts" (tanpa kutip)

4. Block Domain melalui Ad Blocker.
Extensi ad blocker seperti AdBlock dapat membantu Anda memblokir penambangan cyptocurrency. Tergantung pada web browser yang Anda gunakan, Anda dapat menemukan cara memblokir domain lewat pengaturan yang ada pada extensi Ad Blocker yang Anda gunakan.

5. Gunakan NoScript untuk Mozilla Firefox
Apabila Anda berselancar internet menggunakan browser mozilla firefox, maka Anda dapat menggunakan extensi JavaScript-blocking seperti extensi NoScript. Sebelum menggunakannya untuk memblokir penambangan cryptocurrency di web browser perlu diketahui bahwa NoScript bekerja dengan agresif sehingga bisa menonaktifkan semua JavaScript dan membuat halaman website tidak nyaman dilihat. Jika Anda menggunakan Tor Browser, Anda sudah akan mengetahui extensi NoScript dan menggunakannya. Anda dapat menyingkirkan penambangan cryptocurrency di web browser.

Itulah lima cara untuk memblokir kegiatan penambangan cryptocurrency melalui browser. Keputusan Anda pada diri anda untuk memblock situs dari kegiatan cryptocurrency mining atau tidak. Atau Anda mengetahui extensi cryptocurrency blocker yang lain ? Jangan ragu untuk membagikannya pada kolom komentar.

No comments :

Post a Comment