Menentukan Misi Dan Pemirsa Youtube

Sebelum membuat channel youtube, coba pikirkan konsep inti channel youtube kalian. Apakah akan membuat channel edukasi, tutorial, menjadi Youtube gaming atau tutorial software dan lain sebagainya sesuai passion yang anda miliki.

Ketika telah menentukan tujuan menjadi Youtuber dari awal, Anda akan memiliki gambaran kira-kira video apa saja yang akan Anda upload ke Youtube. Selain itu tentukan target pemirsa yang Anda inginkan. Dengan menentukan hal-hal diatas sejak didi, maka elemen-elemen channel seperti pencitraan, desain bahkan jenis video yang akan diproduksi akan lebih terarah dan ide-ide akan muncul seiring berjalannya waktu.

Tidak usah tergiur dengan cepatnya perkembangan sebuah channel. Jujurlah pada diri sendiri dan melakukan hal-hal yang memang Anda sukai. Apabila Anda memaksakan diri mengikuti orang lain, bisa jadi nanti mentok dan keinginan membuat video baru menjadi malas. Kalau Anda perhatikan channel-channel youtube yang terkenal apabila mereka memberi saran maka sarannya adalah be your self. Jadilah diri sendiri.

Mengapa harus menjadi diri sendiri ? Karena Youtube merupakan sebuah situs media sosial yang dapat Anda gunakan untuk berbagi banyak hal ke seluruh dunia dan pastinya tetap mengikuti role yang telah diberikan Youtube. Jadi selain untuk ajang unjuk diri jadikan Youtube sebagai ajang silaturahim dengan komunitas Youtube yang lain.

Untuk lebih meyakinkan diri Anda dan menentukan masa depan Anda sebagai Youtuber. Coba tanyakan hal-hal berikut ke dalam diri Anda:
  1. Anda ingin dikenal di Youtube karena apa? Menurut Anda kriteria Youtuber sukses itu seperti apa?
  2. Saluran Youtube yang kalian miliki dalam kategori apa ? Apa yang dilakukan oleh para Youtube Creator lainnya terhadap channel mereka ? Diantara channel Youtube yang sesuai dengan kategori channel youtube yang kalian miliki channel apa yang Anda suka? Mengapa?
  3. Siapa penonton channel Youtube Anda ?
  4. Apa visi anda dalam lima tahun kedepan atas channel youtube Anda?
  5. Siapa Youtube creator favorit anda ? Mengapa ?
Untuk mendapatkan subscriber / pelanggan Youtube, Anda harus mengetahui siapa penonton video Youtube. Komponen yang tidak kalah penting pada proses perencanaan saluran adalah mengidentifikasi penonton video youtube. Pastikan orang-orang tertari dengan konten video youtube yang Anda buat dan ingin terus menontonnya. Bagaimana caranya mempertimbangkan pemirsa ideal? Coba tanyakan pertanyaan berikut ke dalam diri Anda :
  1. Siapa yang akan tertarik terhadap Video Youtube yang Anda buat ?
  2. Apakah channel Youtube Anda cocok dengan kelompok / golongan tertentu ?
  3. Apakah Anda menyesuaikan video dengan sekelompok penonton Youtube tertentu ? Seperti menyesuaikan video dengan kelompok yoga atau kelompok penggemar olah raga dan juga penyayang binatang ?
Sebagaimana sudah diterangkan diatas tadi bahwa Youtube selain tempat ajang diri juga sebagai sarana silaturahim. Berikut adalah saran yang dapat Anda pertimbangkan sebelum mendalami seluk beluk tips dan cara terbaik untuk memproduksi video youtube untuk channel Youtube.
  • Membuat jadwal upload video untuk menentukan seberapa sering Anda dapat memproduksi video secara layak. Coba lihat kalender kegiatan yang Anda miliki, dan tentukan kapan Anda akan mengambil gambar, merekam audio, dan mengeditnya sebelum menguploadnya ke Youtube.
  • Membuat sketsa tentang ide-ide yang muncul untuk menggambarkan dan mencitrakan channel Youtube Anda.
  • Apabila Anda sudah mulai mengupload video ke youtube coba lihat Youtube Analytics dan tentukan metrik yang menurut Anda paling penting dan mengapa ?. Terdapat banyak cara mengukur keberhasilan Anda di Youtube Analytics dari jumlah penayangan, subscriber, jumlah menit ditonton, jumlah negara yang menonton dan lainnya. Anda akan fokus ke bagian mana?
Berpikir maju dapat membantu Anda menentukan masa depan saluran youtube kalian. Selain itu sebagai Youtube Creator Anda akan rela untuk meluangkan waktu dan berbagi dengan pemirsa yang akan menyukai konten video youtube Anda. Siap menjadi youtuber terkenal dan memiliki banyak subscriber untuk channel Youtube Anda?