Mengenal Parabola Linux Distro

Ada sistem operasi dan kemudian muncul software yang sepenuhnya bebas dalam arti sebuh liberty. Distro linux Parabola siap digunakan sepenuhnya dan telah mengikuti pedoman Free System Distribution sebagaimana dikemukakan oleh Free Software Foundation.

Karena Distro Linux Parabola memaknai free dalam arti liberty atau kebebasan, maka distro linux parabola tidak menerima aplikasi non-free, baik aplikasi, driver, firmware, games atau dokumentasi. Free software Foundation saat ini mendukung sembilan distribusi yang berbeda sebagai distro linux yang benar-benar gratis. Mereka adalah Ututo XS yang pertama kali diakui sebagai distro linux yang sepenuhnya free oleh GNU, BLAG Linux dan GNU, Dragora GNU/Linux-libre, Dynebolic, gNewSense, Guix System Distribution, Musix, Trisquel, dan Parabola GNU/Linux-libre.

Distribusi linux parabola berbasis Arch Os yang hanya menggunakan dan mempromosikan (kebebasan untuk mempelajari dan memodifikasi). Di tempat generic linux kernel, Parabola linux uses Linux-libre kernel yang menghilangkan semua "blobs" (binary software yang tidak menyertakan source code), dari generic linux kernel.

Project GNU mencoba untuk menjaga linux-libre di sinkronisasi dengan perkembangan dari linux kernel yang menghapus semua software yang tidak menyertakan source dalam distribusinya atau mengaburkan source code sumber software atau software yang dirilis dibawah lisensi close software / proprietary software. Dimana bisa download linux distro parabola?


Apabila anda baru menggunakan berbagai distro linux turunan dari distro Arch, maka silahkan download file iso yang dapat anda burning kedalam CD atau ke USB, dengan menggunakan perintah 'dd''. Anda dapat download parabola linux dari alamat https://wiki.parabola.nu/Get_Parabola Terdapat 3 pilihan utama. Pilihan yang pertama adalah live iso yang berukuran kurang dari 700MB, kedua Parabola linux untuk difabel  untuk orang buta dan pengguna tuna netra yang datang dengan speech dan menggunakan braile output, dan ketika Parabola dengan MATE Desktop Environtment yang datang dengan ukuran 2GB.